Purba, Niel Alpredo (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Menggunakan Perkakas Tangan Di Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM.5123121018 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM.5123121018 COVER.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 2. NIM.5123121018 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM.5123121018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (829kB)
![[thumbnail of 3. NIM.5123121018 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM.5123121018 ABSTRACT.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 4. NIM.512312018 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM.512312018 PREFACE.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 5. NIM.5123121018 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM.5123121018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 6. NIM.512312018 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM.512312018 TABLES.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 7. NIM.512312018 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM.512312018 ILLUSTRATION.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 8. NIM.512312018 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM.512312018 APPENDICES.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 9. NIM.5123121018 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM.5123121018 CHAPTER I.pdf
Download (499kB)
![[thumbnail of 10 NIM.5123121018 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10 NIM.5123121018 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (970kB)
![[thumbnail of 11. NIM.5123121018 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM.5123121018 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (856kB)
![[thumbnail of 12 NIM.5123121018 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12 NIM.5123121018 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
![[thumbnail of 13 NIM.5123121018 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13 NIM.5123121018 CHAPTER V.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 14 NIM.5123121018 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14 NIM.5123121018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 15. NIM 5123121018 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5123121018 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan perkakas tangan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan perkakas tangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 15 siswa (62,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 siswa (37,5%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 74,58 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 80%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 21 siswa (87,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (12,5%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,67 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai dari 15 siswa yang tuntas pada siklus I bertambah sebanyak 6 siswa pada siklus II menjadi 21 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 9 siswa yang tidak tuntas pada siklus I menjadi 3 siswa pada siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan perkakas tangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar pada pembelajaran menggunakan perkakas tangan; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ210.2 Mechanical devices and figures. Automata. Ingenious mechanisms. Robots (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:02 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65295 |