Perbedaan Hasil Belajar Teknik Permesinan Frais Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas Xi Bidang Keahlian Teknik Permesinan Di Smk N 2 Medan T.P. 2018/2019

Simalango, Nicodemus (2019) Perbedaan Hasil Belajar Teknik Permesinan Frais Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas Xi Bidang Keahlian Teknik Permesinan Di Smk N 2 Medan T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM.5143121025 COVER.pdf] Text
1. NIM.5143121025 COVER.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 2.  NIM 5143121025 APPROPAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5143121025 APPROPAL SHEET.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 3.  NIM 5143121025 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5143121025 ABSTRACT.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4.  NIM.5143121025 PREPACE.pdf] Text
4. NIM.5143121025 PREPACE.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 5.   NIM.5143121025 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.5143121025 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 6.  NIM.5143121025 TABLES.pdf] Text
6. NIM.5143121025 TABLES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 7.  NIM 5143121025 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5143121025 ILLUSTRATION.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8.   NIM.5143121025 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM.5143121025 APPENDICES.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 9.  NIM.5143121025 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.5143121025 CHAPTER I.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 10. NIM.5143121025 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM.5143121025 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[thumbnail of 11. NIM.5143121025 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM.5143121025 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[thumbnail of 12. NIM.5143121025 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM.5143121025 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[thumbnail of 13. NIM.5143121025 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.5143121025 CHAPTER V.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 14. NIM.5143121025 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.5143121025 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 15. NIM.5143121025 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM.5143121025 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes. Jenis penelitian ini digunakan dengan menggunkan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif (berupa nilai pre test dan Post test) pada siswa kelas XI Program keahlian teknik pemesinan, dimana kelas XI TP1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan TP2 sebagai kelas Kontrol dengan memberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran Studet Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Teknik Permesinan Frais dengan pokok Parameter Pemotongan mesin Frais.Hasil analisa data kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa saat pre test = 44,87 dan saat post tes = 85,47 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata siswa saat pre tes = 44,08 dan saat post tes = 80,92. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh Lhitung < Ltabel, Fhitung < Ftabel. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (1,969 > 1,670) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran PBL dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaranSTAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran STAD; Hasil Belajar Teknik Permesinan Frais
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:51
Last Modified: 13 Oct 2025 08:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65294

Actions (login required)

View Item
View Item