PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI SMA N 13 MEDAN

Sinuhaji, Enina Eninta (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI SMA N 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121034_Cover.pdf] Text
4203121034_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4203121034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203121034_Abstrak.pdf] Text
4203121034_Abstrak.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4203121034_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121034_Kata_Pengantar.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4203121034_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121034_Daftar_Isi.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 4203121034_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121034_Daftar_Gambar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4203121034_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121034_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4203121034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4203121034_BAB_I.pdf] Text
4203121034_BAB_I.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 4203121034_BAB_II.pdf] Text
4203121034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203121034_BAB_III.pdf] Text
4203121034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[thumbnail of 4203121034_BAB_IV.pdf] Text
4203121034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203121034_BAB_V.pdf] Text
4203121034_BAB_V.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 4203121034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 4203121034_Lampiran.pdf] Text
4203121034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi teori kinetik gas sebagai alat bantu meningkatkan hasil belajar siswa_ Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation_ Widasi e-modul dilakukan oleh ahli materi dan ahli media: sena uji Coba di lapangan dengan melibatkan siswa kelas XI B,'IIPA 2 SYLA Negeri 13 Medan. Hasil penilaian menunjukkan kategori sangat layak dengan nilairata-rata 92% dari dosen ahll materi dan 86,9% dari dosen ahlimedia. E-modul masuk dalam kategori sangat praktis, dengan hasil angket respon siswa menunjukkan nilai rata-rata 85:710/0 dan 91% dari guru fisika_ Hasil uji N-gain: hasil belajar slswa menmgkat dengan skor 0,77 (kategori tinggi): dengan rata-rata nilai pretest 26 dan posttest SI _ Peningkatan menunjukkan bahwa e-modul berbasis
PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.33
Keywords: e-modul, teori kinetik gas, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:54
Last Modified: 09 Oct 2025 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65258

Actions (login required)

View Item
View Item