Purba, Daniel Fernando (2019) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5143121005 COVER.pdf
Download (38kB)
02. NIM. 5143121005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (184kB)
03. NIM. 5143121005 ABSTRACT.pdf
Download (68kB)
04. NIM. 5143121005 PREFACE.pdf
Download (71kB)
05. NIM. 5143121005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (93kB)
06. NIM. 5143121005 TABLES.pdf
Download (39kB)
07. NIM. 5143121005 ILLUSTRATION.pdf
Download (38kB)
08. NIM. 5143121005 APPENDICES.pdf
Download (38kB)
09. NIM. 5143121005 CHAPTER I.pdf
Download (295kB)
10. NIM. 5143121005 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (646kB)
11. NIM. 5143121005 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (457kB)
12. NIM. 5143121005 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (923kB)
13. NIM. 5143121005 CHAPTER V.pdf
Download (95kB)
14. NIM. 5143121005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (70kB)
15. NIM. 5143121005 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X TP-1 dan sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai empat tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi dari dua siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Aktifitas siswa pada siklus I sebesar 64.28% dan pada siklus II aktifitas siswa meningkat sekitar 17.86% dari persentase aktifitas siklus II sebesar 82.14%. Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 68.57% dengan nilai rata-rata 72.57 dan siswa yang tuntas sebanyak 24 orang. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 30 orang dengan nilai rata-rata 81.37 dan ketuntasan sebesar 85.71%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 17.14%. Dengan demikian hasil penelitian ini membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI); Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 04:03 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 04:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65245 |
