Purba, Daniel Fernando (2019) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 01. NIM. 5143121005 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. NIM. 5143121005 COVER.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 02. NIM. 5143121005 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. NIM. 5143121005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (184kB)
![[thumbnail of 03. NIM. 5143121005 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. NIM. 5143121005 ABSTRACT.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 04. NIM. 5143121005 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. NIM. 5143121005 PREFACE.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 05. NIM. 5143121005 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. NIM. 5143121005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of 06. NIM. 5143121005 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. NIM. 5143121005 TABLES.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of 07. NIM. 5143121005 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. NIM. 5143121005 ILLUSTRATION.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 08. NIM. 5143121005 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. NIM. 5143121005 APPENDICES.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 09. NIM. 5143121005 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. NIM. 5143121005 CHAPTER I.pdf
Download (295kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5143121005 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5143121005 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (646kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5143121005 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5143121005 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (457kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5143121005 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5143121005 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (923kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5143121005 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5143121005 CHAPTER V.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5143121005 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5143121005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5143121005 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5143121005 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X TP-1 dan sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai empat tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi dari dua siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Aktifitas siswa pada siklus I sebesar 64.28% dan pada siklus II aktifitas siswa meningkat sekitar 17.86% dari persentase aktifitas siklus II sebesar 82.14%. Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 68.57% dengan nilai rata-rata 72.57 dan siswa yang tuntas sebanyak 24 orang. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 30 orang dengan nilai rata-rata 81.37 dan ketuntasan sebesar 85.71%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 17.14%. Dengan demikian hasil penelitian ini membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI); Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 04:03 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65245 |