Simatupang, Saut (2019) Pengaruh Model Pembelajaran LTLC (Lightening The Learning Climate) Terhadap Hasil Belajar Teknik Listrik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Vidio SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5132131010 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5132131010 COVER.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5132131010 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5132131010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (527kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5132131010 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5132131010 ABSTRACT.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5132131010 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5132131010 PREFACE.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5132131010 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5132131010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5132131010 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5132131010 ILLUSTRATION.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5132131010 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5132131010 TABLES.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5132131010 APPENDICS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5132131010 APPENDICS.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5132131010 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5132131010 CHAPTER I.pdf
Download (394kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5132131010 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5132131010 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (701kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5132131010 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5132131010 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (657kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5132131010 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5132131010 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5132131010 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5132131010 CHAPTER V.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5132131010 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5132131010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5132131010 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5132131010 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif LTLC lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X program keahlian Teknik Audio Vidio SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan reabilitas. Hasil uji coba instrumen penelitian diperoleh 23 soal yang valid dengan koefisien reliabilitas = 0,958 dan terdapat 7 butir soal yang tidak valid. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Audio Vidio SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian Teknik Audio Vidio SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 orang, dimana setiap kelas berjumlah 30 orang. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas X AV 1 dan X AV 2. Kelas X AV1 diberikan perlakuan model pembelajaran aktif LTLC, sedangkan kelas X AV 2 diberikan perlakuan model pembelajaran ekspositori. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran menggunakan model pembelejaran aktif LTLC atau kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1149 dan Ltabel = 0,161 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel maka berdistribusi normal. Sedangkan pada kelas control diperoleh Lhitung = 0,0838 dan Ltabel = 0,161 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel maka berdistribusi normal. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 0.05 untuk menguji hipotesis penelitian di peroleh, thitung = 3,629 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran aktif LTLC atau kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Ekspositori |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:38 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65243 |