Nasution, Maulidayani (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SWASTA PELANGI MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311041 COVER.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
1104311041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
1104311041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
1104311041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
1104311041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
1104311041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
1104311041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
1104311041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
1104311041 BAB I.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
1104311041 BAB V.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
1104311041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Swasta Pelangi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi kenampakan alam pada siswa kelas IV B SD Swasta Pelangi Medan T.A. 2012//2013 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Pelangi Medan yang berjumlah 20 orang siswa dengan jumlah laki-laki 8 orang siswa dan 12 orang siswa perempuan . Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisi observasi pada saat pratindakan motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa dari 20 siswa pada siklus I pertemuan I terdapat motivasi siswa rendah, sedang dan tinggi. Dari 20 orang siswa di atas, pada siklus I pertemuan 1 ada sebanyak 15 orang siswa atau 75 %, pada siklus I pertemuan 2 ada sebanyak 10 orang siswa atau 50 %, pada siklus II pertemuan 1 ada sebanyak 2 orang siswa atau 10 % dan siklus II pertemuan 2, 0 orang siswa atau 0 % yang tergolong kriteria motivasi rendah. Dari 20 orang siswa di atas, pada siklus I pertemuan 1 ada sebanyak 3 orang siswa atau 15 %, pada siklus I pertemuan 2 ada sebanyak 8 orang siswa atau 40 %, pada siklus II pertemuan 1 ada sebanyak 15 orang siswa atau 75 % dan siklus II pertemuan 2 ada sebanyak 2 orang siswa atau 10 % yang tergolong kriteria motivasi sedang. Dari 20 orang siswa di atas, pada siklus I pertemuan 1 ada sebanyak 2 orang siswa atau 10 %, pada siklus I pertemuan 2 ada sebanyak 2 orang siswa atau 10 %, pada siklus II pertemuan 1 ada sebanyak 3 orang siswa atau 15 % dan siklus II pertemuan 2 ada sebanyak 18 orang siswa atau 90 % yang tergolong kriteria motivasi tinggi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Teaam Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya pada materi Kenampakan Alam. Oleh karena itu disarankan agar guru mempersiapkan alat dan bahan serta melaksanakan model yang tepat yaitu Model Pembelajaran Team Games Tournament pada pelajaran IPS agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Kenampakan Alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nas u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Model Team Games Tournament; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6523 |