Banurea, Katerina (2022) Analisis Validitas, Reliabilitas, Daya Beda, dan Tingkat Kesukaran Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. 2182111026 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. 2182111026 COVER.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 2. NIM 2182111026 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 2182111026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (632kB)
![[thumbnail of 3. NIM 2182111026 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 2182111026 ABSTRACT.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 4. NIM 2182111026 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 2182111026 PREFACE.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 5. NIM 2182111026 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 2182111026 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (117kB)
![[thumbnail of 6. NIM 2182111026 LIST OF FIGURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 2182111026 LIST OF FIGURE.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 7. NIM 2182111026 LIST OF TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 2182111026 LIST OF TABLE.pdf
Download (53kB)
![[thumbnail of 8. NIM 2182111026 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 2182111026 APPENDICES.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 9. NIM 2182111026 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 2182111026 CHAPTER I.pdf
Download (467kB)
![[thumbnail of 10. NIM 2182111026 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 2182111026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM 2182111026 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 2182111026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (391kB)
![[thumbnail of 12. NIM 2182111026 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 2182111026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (946kB)
![[thumbnail of 13. NIM 2182111026 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 2182111026 CHAPTER V.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 14. NIM 2182111026 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 2182111026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of 15. NIM 2182111026 ENDCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 2182111026 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kualitas suatu tes dapat diketahui dengan cara melakukan analisis pada setiap butir
soalnya. Di SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan belum pernah dilakukan
penelitian mengenai analisis butir soal. Dengan demikian, penelitian ini memiliki
tujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran
soal pilihan ganda Ujian Akhir Semester (UAS) tahun pembelajaran 2021/2022
mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas X yang berjumlah 63 peserta didik. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan
program Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 25 butir soal
pilihan ganda terdapat hasil sebagai berikut: (1) Ditinjau dari validitas soal
menunjukkan 15 butir soal (60%) dinyatakan valid dan 10 butir soal (40%)
dinyatakan tidak valid. (2) Ditinjau dari reliabilitasnya, termasuk dalam kategori
cukup dengan nilai koefisien korelasinya yaitu sebesar 0,625. (3) Ditinjau dari daya
pembeda terdapat 4 soal (16%) memiliki daya beda baik sekali, 9 soal (36%)
memiliki daya beda baik, 2 soal (8%) memiliki daya beda cukup, 9 soal (36%)
memiliki daya beda jelek, dan 1 soal (4%) memiliki daya beda negatif. (4) Ditinaju
dari tingkat kesukaran didapati 8 butir soal (32%) berkategori mudah dan 17 butir
soal (68%) berkategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | validitas; reliabilitas; daya beda; tingkat kesukaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:57 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65225 |