Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pentanahan Siswa Kelas XI Jurusan TITL DI SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019

Tamba, Chandra Hardi Murtopo (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pentanahan Siswa Kelas XI Jurusan TITL DI SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 5123131008 COVER.pdf] Text
01. NIM. 5123131008 COVER.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 02. NIM. 5123131008 APPROVAL SHEETS , VALIDITY SHEET, LETTER OF GUARANTEE, BIOGRAPHY-converted.pdf] Text
02. NIM. 5123131008 APPROVAL SHEETS , VALIDITY SHEET, LETTER OF GUARANTEE, BIOGRAPHY-converted.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of 03. NIM. 5123131008 ABSTRACT-converted.pdf] Text
03. NIM. 5123131008 ABSTRACT-converted.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 04. NIM. 5123131008 PREFACE.pdf] Text
04. NIM. 5123131008 PREFACE.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 05. NIM. 5123131008 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
05. NIM. 5123131008 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 06. NIM. 5123131008 ILLUSTRATION.pdf] Text
06. NIM. 5123131008 ILLUSTRATION.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 07. NIM. 5123131008 LIST OF TABLE.pdf] Text
07. NIM. 5123131008 LIST OF TABLE.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 08. NIM. 5123131008 APPENDIX LIST.pdf] Text
08. NIM. 5123131008 APPENDIX LIST.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 09. NIM. 5123131008 CHAPTER I.pdf] Text
09. NIM. 5123131008 CHAPTER I.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5123131008 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5123131008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5123131008 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5123131008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM. 5123131008 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5123131008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5123131008 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5123131008 CHAPTER V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5123131008 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5123131008 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5123131008 ENCLOSURE-converted.pdf] Text
15. NIM. 5123131008 ENCLOSURE-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran pada peningkatan hasil belajar siswa dengan memperoleh nilai yang lebih tinggi dan adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran Pentanahan Kelas XI TITL SMK. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI TITL SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019. Metode dalam penelitian ini adalah sebab akibat yang menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI TITL 1 SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019 sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas XI TITL 2 SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019 sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa. Kemudian pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil analisis dari data hasil pretes yang diperoleh kelas eksperimen yaitu �̅ = 19,52 dengan skor terendah 15 dan skor tertinggi 26, dan pada kelas kontrol diperoleh yaitu �̅ = 19,20 dengan skor terendah 14 dan skor tertinggi 26. Sedangkan hasil analisis dari data hasil posttes yang diperoleh kelas eksperimen yaitu �̅ = 29,28 dengan skor terendah 23 dan skor tertinggi 34, dan pada kelas kontrol diperoleh yaitu �̅ = 26,40 dengan skor terendah 22 dan skor tertinggi 31. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Uji-t,dari data perhitungan hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 5,4891 dan ttabel = 1,677. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > t tabel yaitu 5.4891 > 1,677, Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match memiliki nilai lebih tinggi daripada hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Pentanahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Mata pelajaran pentanahan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S590 Soils. Soil science
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:57
Last Modified: 02 Oct 2025 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65224

Actions (login required)

View Item
View Item