Tamba, Chandra Hardi Murtopo (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pentanahan Siswa Kelas XI Jurusan TITL DI SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 01. NIM. 5123131008 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. NIM. 5123131008 COVER.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 02. NIM. 5123131008 APPROVAL SHEETS , VALIDITY SHEET, LETTER OF GUARANTEE, BIOGRAPHY-converted.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. NIM. 5123131008 APPROVAL SHEETS , VALIDITY SHEET, LETTER OF GUARANTEE, BIOGRAPHY-converted.pdf
Download (951kB)
![[thumbnail of 03. NIM. 5123131008 ABSTRACT-converted.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. NIM. 5123131008 ABSTRACT-converted.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 04. NIM. 5123131008 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. NIM. 5123131008 PREFACE.pdf
Download (341kB)
![[thumbnail of 05. NIM. 5123131008 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. NIM. 5123131008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 06. NIM. 5123131008 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. NIM. 5123131008 ILLUSTRATION.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of 07. NIM. 5123131008 LIST OF TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. NIM. 5123131008 LIST OF TABLE.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 08. NIM. 5123131008 APPENDIX LIST.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. NIM. 5123131008 APPENDIX LIST.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 09. NIM. 5123131008 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. NIM. 5123131008 CHAPTER I.pdf
Download (491kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5123131008 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5123131008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (857kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5123131008 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5123131008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5123131008 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5123131008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (814kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5123131008 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5123131008 CHAPTER V.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5123131008 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5123131008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5123131008 ENCLOSURE-converted.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5123131008 ENCLOSURE-converted.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran pada peningkatan hasil belajar siswa dengan memperoleh nilai yang lebih tinggi dan adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran Pentanahan Kelas XI TITL SMK. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI TITL SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019. Metode dalam penelitian ini adalah sebab akibat yang menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI TITL 1 SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019 sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas XI TITL 2 SMK Swasta IMELDA T.A 2018/2019 sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa. Kemudian pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil analisis dari data hasil pretes yang diperoleh kelas eksperimen yaitu �̅ = 19,52 dengan skor terendah 15 dan skor tertinggi 26, dan pada kelas kontrol diperoleh yaitu �̅ = 19,20 dengan skor terendah 14 dan skor tertinggi 26. Sedangkan hasil analisis dari data hasil posttes yang diperoleh kelas eksperimen yaitu �̅ = 29,28 dengan skor terendah 23 dan skor tertinggi 34, dan pada kelas kontrol diperoleh yaitu �̅ = 26,40 dengan skor terendah 22 dan skor tertinggi 31. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Uji-t,dari data perhitungan hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 5,4891 dan ttabel = 1,677. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > t tabel yaitu 5.4891 > 1,677, Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match memiliki nilai lebih tinggi daripada hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Pentanahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Mata pelajaran pentanahan |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) > S590 Soils. Soil science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:57 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65224 |