Aristiana, Dwi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101758 HAMPARAN PERAK T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313075 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
108313075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
108313075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313075 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108313075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313075 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
108313075 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108313075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan tindakan menggunakan pendekatan partisipatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101758 yang berlokasi di Desa Tandam Hilir Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I peneliti menerapkan pendekatan partisipatif. Hasil analisis data pada siklus I menunjukan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan menggunakan pendekatan partisipatif teknik pembinaan belajar berkelompok.Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 56,3 dengan ketuntasan belajar 30,8% (8 siswa). Pada sikllus II diperoleh nilai rata-rata 86,9 dengan ketuntasan belajar 92,3% (24 siswa). Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan partisipatif, yaitu meningkat 61,5% dari ketuntasan belajar yang diperoleh pada siklus I. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan pendekatan partisipatif dengan teknik pembinaan belajar berkelompok pada pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 101758 Kec. Hamparan Perak T.A 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ari m |
Keywords: | Hasil Belajar IPA; Pendekatan Partisipatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6522 |