Dalimunthe, Surya Celly (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTION LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 018451 KUALA TANJUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313356 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313356 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
108313356 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313356 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313356 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313356 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313356 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313356 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313356 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313356 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108313356 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini melengkapi kegiatan untuk meningkatkan hasil belajar IPAsiswa dengan menggunakan metode action learning pada materi pokok pesawatsederana di kelas V SD Neger i 108451 Tahun Ajaran 2011 / 2012. Adapun yangmenjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah denganmenggunakan metode action learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswapada materi pokok pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 0184451 KualaTanjung Tahun Ajaran 2011/2012?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswadengan menggunakan metode action learning di kelas V SD Negeri 0184451Kuala Tanjung Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah 40 orang siswa.Jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmenggunakan 2 siklus. Langkah- langkah setiap pembelajaran terdir i atasperencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan datadalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II.Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa padamateri pokok pesawat sederhana meningkat, yaitu tingkat ketuntasanklasikal sebesar > 80.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai pretest dari 40 orang siswaterdapat 6 orang siswa (15%) memperoleh nilai tuntas belajar dan sebanyak 34orang siswa (85%) yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 51,25 dan nilaitertinggi adalah 70 dan nilai terendah adalah 30. Pada siklus I terdapat 20 orangsiswa (50%) yang tuntas dan sebanyak 20 orang siswa (50%) yang belum tuntasdengan nilai rata-rata 65,75 dan nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah40. Pada siklus II terdapat sebanyak 37 orang siswa (92,5%) siswa yang tuntas,dan sebanyak 3 orang siswa yang belum tuntas (7,5%) dengan nilai rata-rata 84,75dan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 60.Aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 tergolong kategor i baikdengan nilai rata-rata 72,5 sedangkan pada siklus I pertemuan 2 nila rata-rataaktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 75 kategori baik.Walaupun nilai rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 danpertemuan 2 mengalami peningkatan namun ada beberapa indikator dari aktivitasmengajar guru tergolong rendah. Adapun beberapa indikator yang dimasud yaituativitas dalam penguasaan kelas dan penggunaan waktu belajar yang efektif.Sedangkan aktivitas mengajar guru pada siklus II pertemuan 1 tergolon gkategori baik dengan nilai rata-rata 95 demikian halnya pada siklus I pertemuan 2nila rata-rata aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 97,5kategori sangat baik. Dengan demikian guru tidak perlu melanjutkan pada siklusberikunya.Berdasarkan temuan dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwametode action leraning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materipokok pesawat sederhana kelas V SD Negeri 018451 Kuala Tanjung TahunAjaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Dal m |
Keywords: | Hasil Belajar; IPA; Pembelajaran Action Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6520 |