Arini, Erit (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313091 COVER.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
108313091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313091 BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
108313091 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
108313091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa erosi di kelas IV SD Negeri 101769 Tembung dengan menggunakan Metode Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa erosi.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101769 Tembung yang berjumlah 40 orang siswa. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Dimana saat observasi, hampir seluruh siswa hasil belajarnya masih rendah khususnya pada mata pelajaran IPA, sehingga peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen.Hasil penelitian, siswa yang tuntas pada kondisi awal dari 40 orang siswa hanya 7 orang siswa (17,5%) dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 33 orang siswa (82.5%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 53. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 26 orang siswa (65%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 orang siswa (35%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,5. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 35 orang siswa (87.5%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa (12,5%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 87,5.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 40 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukanya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa erosi di kelas IV SD Negeri 101769 Tembung. Disarankan agar guru melakukan pengajaran dengan menggunakan metode eksperimen sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khusunya pada materi peristiwa erosi dan dapat memotivasi siswa serta melatih siswa untuk belajar aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ari m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; IPA; Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6517 |