Saragih, Hesekiel Prasetya (2018) Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 01. NIM 5123111020 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. NIM 5123111020 COVER.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 02. NIM 5123111020 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. NIM 5123111020 APPROVAL SHEET.pdf
Download (352kB)
![[thumbnail of 03. NIM 5123111020 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. NIM 5123111020 ABSTRACT.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 04. NIM 5123111020 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. NIM 5123111020 PREFACE.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 05. NIM 5123111020 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. NIM 5123111020 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (91kB)
![[thumbnail of 06. NIM 5123111020 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. NIM 5123111020 TABLES.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 07. NIM 5123111020 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. NIM 5123111020 ILLUSTRATION.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 08. NIM 5123111020 APPENDIX.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. NIM 5123111020 APPENDIX.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of 09. NIM 5123111020 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. NIM 5123111020 CHAPTER I.pdf
Download (387kB)
![[thumbnail of 10. NIM 5123111020 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5123111020 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (449kB)
![[thumbnail of 11. NIM 5123111020 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5123111020 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (707kB)
![[thumbnail of 12. NIM 5123111020 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5123111020 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM 5123111020 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5123111020 CHAPTER V.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5123111020 REFERENCES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5123111020 REFERENCES.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 15. NIM 5123111020 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5123111020 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan melalui penerapan metode Buzz Group pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari Jenis-Jenis Kayu Sebagai Bahan Bangunan dan Sifat dan Karakteristik Kayu. Pada siklus kedua mempelajari Keawetan Kayu dan Pemeriksaan Kayu Secara Visual. Hasil uji coba instrument yang dilakukan pada siklus pertama dari 30 soal diperoleh 24 soal yang valid dan dari data yang valid dilakukan uji tingkat kesukaran didapat 5 soal yang mudah dan 19 soal yang sedang. Uji daya beda didapat 3 soal sangat baik, 10 soal yang baik dan 11 soal yang cukup. Uji reliabilitas diperoleh 0,9095 (sangat tinggi). Pada siklus kedua dari 30 soal diperoleh 23 soal valid dan dari data yang valid dilakukan uji tingkat kesukaran didapat 3 soal mudah dan 20 soal sedang, uji daya beda didapat 5 soal baik, 11 soal cukup dan 7 soal yang jelek. Uji reliabilitas diperoleh 0.9038 ( sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 sekurang-kurangnya 80% di dalam kelas dengan baik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak 18 siswa atau 75% sedangkan aktivitas belajar didapat 29,17 % diakhir siklus I. Oleh karena itu perlu diadakan siklus II, dan hasil evaluasi pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang mendapat nilai minimal 75 sebanyak 22 siswa atau 92% sedangkan aktivitas siswa didapat 91,67% diakhir siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Pematangsiantar membuktikan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1. Penerapan Metode Buzz Group dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruki Bangunan dapat diterima. 2. Penerapan Metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruki Bangunan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Buzz Group; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:23 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65158 |