Munthe, Putri L. N. (2018) Pengembangan Modul Dasar Pola Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5123141024 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5123141024 COVER.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5123141024 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5123141024 APPROVAL SHEET.pdf
Download (526kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5123141024 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5123141024 ABSTRACT.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5123141024 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5123141024 PREFACE.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5123141024 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5123141024 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (169kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5123141024 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5123141024 TABLES.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5123141024 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5123141024 ILLUSTRATION.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5123141024 LIST OF GRAPHIC.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5123141024 LIST OF GRAPHIC.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5123141024 LIST OF DIAGRAM.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5123141024 LIST OF DIAGRAM.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5123141024 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5123141024 CHAPTER I.pdf
Download (459kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5123141024 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5123141024 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5123141024 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5123141024 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (695kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5123141024 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5123141024 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5123141024 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5123141024 CHAPTER V.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5123141024 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5123141024 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of 16. NIM. 5123141024 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. NIM. 5123141024 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (27MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berupa produk modul dasar pola pada mata pelajaran dasar pola dan untuk mengetahui efektifitas pengembangan modul dasar pola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Stabat. Dalam penelitian yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran dasar pola khusus kompetensi membuat pola dasar badan, lengan dan rok yang didesain menggunakan modul pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana yang berjumlah 30 orang di SMK Negeri 1 Stabat. Modul pembelajaran ini meliputi tiga tahapan, yakni: penentuan (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 15 orang siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 30 orang siswa, dan dilanjutkan dengan uji efektifitas guru dan siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ahli materi dasar pola berada pada kualifikasi sangat baik (83,1%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (84,7%), (3) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi cukup (69,8%), (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (79,7%), (5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (92,7%), (6) uji efektifitas siswa pada kualifikasi sangat baik (95,2%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (85%) ini membuktikan tingkat keefektifan modul dasar pola yang dikembangkan sangat baik untuk mata pelajaran khusus pola dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:38 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65130 |