Tarigan, Egia Aloi (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkerjaan Dasar Otomotif (PDO) Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Di Kelas X SMK Swasta Immanuel Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5143122011 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5143122011 COVER.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5143122011 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5143122011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (355kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5143122011 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5143122011 ABSTRACT.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5143122011 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5143122011 PREFACE.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5143122011 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5143122011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5143122011 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5143122011 TABLES.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5143122011 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5143122011 ILLUSTRATION.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5143122011 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5143122011 APPENDICES.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5143122011 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5143122011 CHAPTER I.pdf
Download (363kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5143122011 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5143122011 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (728kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5143122011 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5143122011 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (693kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5143122011 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5143122011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (987kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5143122011 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5143122011 CHAPTER V.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5143122011 BLIBIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5143122011 BLIBIOGRAPHY.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5143122011 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5143122011 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Pekerjaan Dasar Otomotif pada kompetensi dasar alat ukur mekanik di kelas X TKR 2 SMKS Immanuel Medan. Prosedur penelitian dikemas dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), tahap Tindakan (Acting), tahap Pengamatan (Observing), dan tahap Refleksi (Reflecting). Data penelitian diambil dari tes soal pilihan berganda dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa pada siklus I selama proses pembelajaran mengalami penigkatan dari pertemuan ke pertemuan. Terdapat 20 siswa (66,65%) dikategorikan sangat aktif dan 8 (26,66%) siswa yang aktif pada pertemuan pertama dan hanya 2 siswa (6,6%) dikategorikan tidak aktif. Pada pertemuan kedua mengalami penigkatan menjadi 24 siswa (80%) dikategorikan sangat aktif, dan tidak ada siswa termasuk dalam kategori tidak aktif. Pada siklus II juga selalu mengalami peningkatan dari pertemuan ke pertemuan. Terdapat 25 siswa (83,33%) dikategorikan sangat aktif pada pertemuan ketiga, dan terdapat 5 siswa (16,66%) dikategorikan aktif. Dan pada pertemuan terakhir siklus II (kedua) sebanyak 27 siswa (90%) dikategorikan sangat aktif, dan sisanya sebanyak 3 siswa (10%) dikategorikan aktif. Untuk mengetahui hasil belajar maka dilakukan penilaian pada ranah yaitu: ranah pengetahuan untuk menentukan kelulusan maka siswa diharuskan lulus pada ranah pengetahuan. Hasil belajar siswa pada siklus I (satu) jumlah siswa yang lulus atau tuntas sebanyak 25 (83,33%) siswa dan meningkat pada siklus II (dua) sebanyak 29 (96,66%) siswa, melebihi target sebesar 90% dinyatakan lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learnig) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif kompetensi dasar alat ukur mekanik kelas X TKR 2 SMKS Immanuel Medan tahun ajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran; masalah; hasil; aktivitas siswa |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:08 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65122 |