Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Teams Games Tournament Kelas XI Di SMK Yapim Taruna Sei Rotan

Hakim, Lukmanul (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Teams Games Tournament Kelas XI Di SMK Yapim Taruna Sei Rotan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5142122003 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5142122003 COVER.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5142122003 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5142122003 APPROVAL SHEET.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5142122003 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5142122003 ABSTRACT.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5142122003 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5142122003 PREFACE.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5142122003 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5142122003 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5142122003 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5142122003 TABLES.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5142122003 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5142122003 ILLUSTRATION.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5142122003 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5142122003 APPENDICES.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5142122003 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5142122003 CHAPTER I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5142122003 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5142122003 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5142122003 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5142122003 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5142122003 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5142122003 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5142122003 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5142122003 CHAPTER V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5142122003 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5142122003 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5142122003 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5142122003 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas XI SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Di Kelas XI SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan, yang beralamat di Jalan Medan-Batang Kuis, Dusun VIII Sei Rotan Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI TKR-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas XI TKR-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan berupa obyektif 30 soal dengan 4 pilihan option. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan nilai rat-rata, varians, menghitung uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t ng hitu  > ttabel pada = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian data post test kelas eksperimen diperoleh rata rata nilai post test sebesar 68,37 dan standar deviasi 13,021 sedangkan nilai rata-rata post test kelas kontrol sebesar 57,92 dengan standar deviasi 11,059. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dalam dua kelompok belajar dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh t ng sebesar 3,227 dan ttabel sebesar 1,673 pada taraf  = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa t ng hitu hitu > ttabel atau 3,2267 > 1,673 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:28
Last Modified: 02 Sep 2025 06:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65121

Actions (login required)

View Item
View Item