PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TERMOKIMIA

Habeahan, Bastian Jose Wandry (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133331051 COVER.pdf] Text
1. NIM 4133331051 COVER.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 2. NIM 4133331051 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4133331051 APPROVAL SHEET.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 3. NIM 4133331051 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4133331051 ABSTRACT.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 4. NIM 4133331051 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4133331051 PREFACE.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 5. NIM 4133331051 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4133331051 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 6. NIM 4133331051 TABLES.pdf] Text
6. NIM 4133331051 TABLES.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 7. NIM 4133331051 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 4133331051 ILLUSTRATION.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. NIM 4133331051 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4133331051 APPENDICES.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 9. NIM 4133331051 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4133331051 CHAPTER I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 10. NIM 4133331051 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4133331051 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[thumbnail of 11. NIM 4133331051 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 4133331051 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[thumbnail of 12. NIM 4133331051 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4133331051 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[thumbnail of 13. NIM 4133331051 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4133331051 CHAPTER V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 14. NIM 4133331051 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4133331051 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 15. NIM 4133331051 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4133331051 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Termokimia, juga interaksi antara model pembelajaran menggunakan media dan kemampuan numerik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA N 1 Stabat yang terdiri dari 9 kelas dan 2 kelas sebagai sampel yang diambil secara purposive sampling. Merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan anava faktorial 2 × 2. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel r (0,85) dan data untuk kemampuan numerik siswa diperoleh melalui test kemampuan numerik dengan soal yang telah valid. Teknik analisa data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL menggunakan media terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 4,015 > 3,99, terdapat pengaruh kemampuan numerik tinggi dan kemampuan numerik rendah terhadap hasil belajar kimia pada materi termokimia dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 23,717 > 3,99 dan terdapat interaksi antara model pembelajaran menggunakan media dengan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia pada materi termokimia dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 11,142 > 3,99.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Anava 2×2, Hasil belajar, Kemampuan Numerik, Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 Aug 2025 05:37
Last Modified: 21 Aug 2025 05:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65095

Actions (login required)

View Item
View Item