Habeahan, Bastian Jose Wandry (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4133331051 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4133331051 COVER.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4133331051 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4133331051 APPROVAL SHEET.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4133331051 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4133331051 ABSTRACT.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4133331051 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4133331051 PREFACE.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4133331051 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4133331051 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4133331051 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4133331051 TABLES.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4133331051 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4133331051 ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4133331051 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4133331051 APPENDICES.pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4133331051 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4133331051 CHAPTER I.pdf
Download (340kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4133331051 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4133331051 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (950kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4133331051 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4133331051 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (503kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4133331051 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4133331051 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (582kB)
![[thumbnail of 13. NIM 4133331051 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4133331051 CHAPTER V.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4133331051 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4133331051 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (319kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4133331051 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4133331051 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Termokimia, juga interaksi antara model pembelajaran menggunakan media dan kemampuan numerik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA N 1 Stabat yang terdiri dari 9 kelas dan 2 kelas sebagai sampel yang diambil secara purposive sampling. Merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan anava faktorial 2 × 2. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel r (0,85) dan data untuk kemampuan numerik siswa diperoleh melalui test kemampuan numerik dengan soal yang telah valid. Teknik analisa data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL menggunakan media terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 4,015 > 3,99, terdapat pengaruh kemampuan numerik tinggi dan kemampuan numerik rendah terhadap hasil belajar kimia pada materi termokimia dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 23,717 > 3,99 dan terdapat interaksi antara model pembelajaran menggunakan media dengan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia pada materi termokimia dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 11,142 > 3,99.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Anava 2×2, Hasil belajar, Kemampuan Numerik, Model Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 05:37 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65095 |