Rivai, Muhammad (2018) EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASISMASALAH DENGAN MACKRO MEDIA FLASHTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIPOKOK HUKUMNEWTON KELAS X SMKBIMAUTOMO BS BATANGKUIST.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4122121025 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4122121025 COVER.pdf
Download (42kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4123121001 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4123121001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4122121025 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4122121025 ABSTRACT.pdf
Download (182kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4122121025 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4122121025 PREFACE.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4122121025 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4122121025 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4122121025 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4122121025 ILLUSTRATION.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4122121025 TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4122121025 TABLE.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4122121025 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4122121025 APPENDICES.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4122121025 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4122121025 CHAPTER I.pdf
Download (281kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4122121025 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4122121025 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM 4122121025 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4122121025 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (744kB)
![[thumbnail of 13. NIM 4122121025 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4122121025 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (638kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4122121025 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4122121025 CHAPTER V.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4122121025 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4122121025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 16. NIM 4122121025 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. NIM 4122121025 ENCLOSURE.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efek Model Pembelajaran Berbasi s Masalah Dengan Makcro Media Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton Kelas X SMKS Bima Utomo BS Batang Kui s T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalahexperiment dengan melakukan pre-test dan post-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random disamping dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas X-TKR sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas XITSM sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen tes hasil belajar berupa essay test sebanyak 10 soal yang telah di validasi oleh validator serta uji ramalan. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar, lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap, keterampilan dan aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap, keterampilan dan aktivitas masing–masing dalam kategori baik dan juga di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap dan aktivitas dalam kategori baik.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ratarata pretes kelas eksperimen adalah 38,05dan kelas kontrol adalah 37,58. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,86, dan kelas kontrol 61,64. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 0,281sedangkan ttabel = -1,999. Karena thitung> ttabel (-1,999<0,281) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasi s masalahdengan makcro media flash lebih baik dibandingkankelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah dengan makcro media flash, hasil belajar,eksperimen, konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 05:24 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65094 |