PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PRAYATNA MEDAN

Lubis, Afrah Maulida (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111117_Cover.pdf] Text
4203111117_Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4203111117_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111117_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of 4203111117_Abstrak.pdf] Text
4203111117_Abstrak.pdf

Download (809kB)
[thumbnail of 4203111117_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111117_Kata_Pengantar.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of 4203111117_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111117_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203111117_BAB_I.pdf] Text
4203111117_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203111117_BAB_II.pdf] Text
4203111117_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 4203111117_BAB_III.pdf] Text
4203111117_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 4203111117_BAB_IV.pdf] Text
4203111117_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 4203111117_BAB_V.pdf] Text
4203111117_BAB_V.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 4203111117_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111117_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203111117_Lampiran.pdf] Text
4203111117_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Swasta Prayatna Medan. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Quasi Eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Group. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 38 siswa dengan 19 siswa sebagai kelas eksperimen di kelas IX-1 yang menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Wordwall dan 19 siswa sebagai kelas kontrol di kelas IX-2 yang menerapkan model pembelajaran Direct Instruction. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berupa posttest kemudian dianalisis dengan uji-t. Sebelumnya data diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis data uji Independent Samle T-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh taraf signifikan (sig) < 0,05 yaitu 0,027 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolah dan Ha diterima. Artinya pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Swasta Prayatna Medan yang dimana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Lub p
Keywords: Pemecahan masalah matematis; Teams games tournament; Wordwall; Pembelajaran kooperatif; Persamaan kuadrat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Aug 2025 09:49
Last Modified: 15 Aug 2025 09:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65078

Actions (login required)

View Item
View Item