Gunawan, Deddy (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313050 Cover.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108313050 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313050 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313050 Abstrak.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
108313050 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108313050 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313050 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313050 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313050 Bab I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
108313050 Bab V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108313050 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan belajar siswa dikelas IV SD Negeri 101767 berdasarkan observasi. Peneliti menggunakan model think pair share dalam meningkatkan keterampilan belajar bahasa Indonesia siswa pada materi mendengarkan pembacaan pengumuman di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung pada Tahun Pelajaran 2011/2012.Adapun tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model think pair share dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa pada materi mendengarkan pembacaan pengumuman dikelas IV SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012.Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model think pair share, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung, semester II selama 2 bulan (Maret – April), yang terdiri dari 36 orang siswa. Penelitian dilakukan dengan alur penelitian Tindakan Kelas (PTK).Hasil penelitian menunjukkan dari hasil angket bahwa nilai yang di dapat rata-rata 18,05 dengan persentase 18,05%. Dalam hasil penelitian pembelajaran menggunakan model think pair share dengan hasil pretes siswa dapat dilihat pada kondisi awal siswa kelas IV terampil belajar sebanyak 8 orang siswa (22,22%) dengan rata-rata 37,50. Pada siklus I terdapat 11 orang siswa (30,56%) dengan rata-rata 44,44 dan siklus II terdapat 31 orang siswa (86,11%) dengan rata-rata 93,05. Kondisi ini telah mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Dan dari hasil observasi keterampilan belajar siswa, pada kondisi awal siswa kelas IV pada setiap siklus terjadi peningkatan dan memperoleh nilai keterampilan yang tinggi untuk siklus II. Terampil belajar dengan indikator yang telah ditentukan sebanyak 8 orang siswa dengan nilai rata-rata 22,22% pada kondisi awal. Pada siklus I terdapat 11 orang siswa yang terampil dalam belajar dengan skor 2292 (64%) dan siklus II terdapat 31 orang siswa yang terampil dalam belajar dengan skor 2824 (78%). Penggunaan model think pair share pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan keterampilan belajar dengan persentase sebesar 14%. Dengan ini hasil keterampilan belajar siswa di nyatakan berhasil sesuai taraf penguasaan belajar yaitu 66,7% - 100%.Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share pada pelajaran bahasa Indonesia pada materi mendengarkan pembacaan pengumuman dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Gun m |
Keywords: | Keterampilan Belajar; Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6507 |