Purba, Tri Afni Br. (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Pemangkasan Rambut Dasar Kelas XI Tata Kecantikan SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 5173344034 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 5173344034 COVER.pdf
Download (47kB)
![[thumbnail of 2. NIM 5173344034 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 5173344034 APPROVAL SHEET.pdf
Download (930kB)
![[thumbnail of 3. NIM 5173344034 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 5173344034 ABSTRACT.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 4. NIM 5173344034 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 5173344034 PREFACE.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 5. NIM 5173344034 TABLE OF CONTENTS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 5173344034 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 6. NIM 5173344034 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 5173344034 TABLES.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 7. NIM 5173344034 ILLUSTRATIONS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 5173344034 ILLUSTRATIONS.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 8. NIM 5173344034 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 5173344034 CHAPTER I.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of 9. NIM 5173344034 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 5173344034 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. NIM 5173344034 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5173344034 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (613kB)
![[thumbnail of 11. NIM 5173344034 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5173344034 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5173344034 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5173344034 CHAPTER V.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 13. NIM 5173344034 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5173344034 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5173344034 ENCLOUSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5173344034 ENCLOUSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran pemangkasan rambut dasar dan kelayakan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran pemangkasan rambut dasar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tahap analis dan desain, dilakukan survei di lapangan untuk menganalisis kebutuhan siswa. Tahap desain disesuaikan dengan kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran yaitu melakukan desain produk baik merancang RPP dan media google classroom. Tahap pengembangan, validasi oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi, kemudian dilakukan revisi produk. Tahap implementasi di kelas XI Tata Kecantikan pada 17 siswa. Hasil penelitian ini adalah model blended learning pada mata pelajaran pemangkasan rambut dasar berbantuan google classroom. Model blended learning berbantuan google classroom dinyatakan sangat baik berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dari keseluruhan aspek sebesar 94,49% dan berdasarkan hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran dari keseluruhan aspek sebesar 94,6%. Dari hasil valisasi yang diperoleh model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran pemangkasan rambut dasar dinyatakan layak untuk digunakan pada pembelajaran. Hasil belajar yang diperoleh pada tes kemampuan awal (pre test) adalah 62,9% sedangkan tes kemampuan akhir (post test) adalah 80% dengan peningkatan 17,6%. Dari hasil tersebut memperlihatkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Tata Kecantikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | blended learning; google classroom; pemangkasan rambut dasar |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65029 |