PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI TIKTOK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS XI MPLB SMKS BINA SATRIA MEDAN T.A 2024/2025

Kharisma, Zelika (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI TIKTOK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS XI MPLB SMKS BINA SATRIA MEDAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203344020_Cover.pdf] Text
7203344020_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 7203344020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203344020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 7203344020_Abstrak.pdf] Text
7203344020_Abstrak.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 7203344020_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203344020_Kata_Pengantar.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 7203344020_Daftar_Isi.pdf] Text
7203344020_Daftar_Isi.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 7203344020_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203344020_Daftar_Tabel.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 7203344020_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203344020_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 7203344020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203344020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 7203344020_BAB_I.pdf] Text
7203344020_BAB_I.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 7203344020_BAB_II.pdf] Text
7203344020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344020_BAB_III.pdf] Text
7203344020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344020_BAB_IV.pdf] Text
7203344020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344020_BAB_V.pdf] Text
7203344020_BAB_V.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 7203344020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203344020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 7203344020_Lampiran.pdf] Text
7203344020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan utama yang ada pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada elemen komunikasi di tempat kerja. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media aplikasi tiktok dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada elemen komunikasi di tempat kerja siswa kelas XI MPLB SMKS Bina Satria Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas penelitian. Sampel dipilih menggunakan metode total sampling atau sampling jenuh, dimana sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dari kelas XI MPLB-1 terdiri dari 38 siswa dan kelas kontrol dari kelas XI MPLB-2 terdiri dari 39 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal hasil belajar dan angket motivasi belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase nilai pre-test siswa yang tuntas yaitu 3% dengan 1 siswa bernilai tuntas dan memiliki nilai rata-rata 60,14. Setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media aplikasi tiktok, nilai post-test siswa meningkat menjadi sebesar 89% dengan 34 siswa bernilai tuntas dan memiliki nilai rata-rata 86,16 yang dimana hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji T dan uji F. Dengan hasil > dimana 4.582 > 2.030 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti hipotesis 1 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model PJBL berbantuan media aplikasi tiktok terhadap hasil belajar siswa. Sementara itu, analisis data motivasi belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 66,07 dengan > dimana 3.482 > 2.030 dengan nilai signifikan 0,001 <
ix 0,05 yang berarti hipotesis 2 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh postif motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya, pengujian hipotesis secara simultan (uji F) diperoleh nilai > dimana 21.439 > 3,267 dan nilai signifikan 0,01 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 3 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran project based learning berbantuan media aplikasi tiktok dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada elemen komunikasi di tempat kerja kelas XI MPLB SMKS Bina Satria Medan T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Media Aplikasi Tiktok, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 12 Aug 2025 05:03
Last Modified: 12 Aug 2025 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65025

Actions (login required)

View Item
View Item