PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN T.P. 2017/2018

Gultom, Agustina Maya Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133341053 COVER.pdf] Text
1. NIM. 4133341053 COVER.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 2. NIM. 4133341053 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 4133341053 APPROVAL SHEET.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 3. NIM. 4133341053 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 4133341053 ABSTRACT.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4. NIM. 4133341053 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 4133341053 PREFACE.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 5. NIM. 4133341053 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 4133341053 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 6. NIM. 4133341053 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 4133341053 TABLES.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 7. NIM. 4133341053 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 4133341053 ILLUSTRATION.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8. NIM. 4133341053 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 4133341053 APPENDICES.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9. NIM. 4133341053 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 4133341053 CHAPTER I.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 10. NIM. 4133341053 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 4133341053 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[thumbnail of 11. NIM. 4133341053 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 4133341053 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[thumbnail of 12. NIM. 4133341053 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 4133341053 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of 13. NIM. 4133341053 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 4133341053 CHAPTER V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 14. NIM. 4133341053 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 4133341053 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 15. NIM. 4133341053 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 4133341053 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Konvensional pada materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 2 kelas, kelas XI MIA1 diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dan kelas XI MIA2 diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match (Konvensional) sebagai gantinya dilakukan diskusi kelompok. Masing-masing kelas terdapat 40 siswa. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match (� � ) = 75,13 ± 10,71 dan rata-rata hasil belajar menggunakan model konvensional (� � ) = 61,38 ± 11,71. Aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran Make A Match meningkat yaitu (� � ) = 11,65 ± 1,67sedangkan aktivitas belajar pada siswa menggunakan model pembelajaran tanpamenggunakan model Make A Match (� � )= 10,62 dengan standar deviasi (SD) = 1,84. Rata-rata hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (11,57> 1,994) yang berarti Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar serta aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Konvensional pada materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan T.P. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Struktur dan fungsi sel, hasil belajar, aktivitas belajar, model pembelajaran Make A Match, model pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:56
Last Modified: 15 Aug 2025 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64972

Actions (login required)

View Item
View Item