Gultom, Agustina Maya Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133341053 COVER.pdf
Download (94kB)
2. NIM. 4133341053 APPROVAL SHEET.pdf
Download (352kB)
3. NIM. 4133341053 ABSTRACT.pdf
Download (149kB)
4. NIM. 4133341053 PREFACE.pdf
Download (146kB)
5. NIM. 4133341053 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (125kB)
6. NIM. 4133341053 TABLES.pdf
Download (87kB)
7. NIM. 4133341053 ILLUSTRATION.pdf
Download (66kB)
8. NIM. 4133341053 APPENDICES.pdf
Download (117kB)
9. NIM. 4133341053 CHAPTER I.pdf
Download (276kB)
10. NIM. 4133341053 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (604kB)
11. NIM. 4133341053 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (675kB)
12. NIM. 4133341053 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
13. NIM. 4133341053 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
14. NIM. 4133341053 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (164kB)
15. NIM. 4133341053 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Konvensional pada materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 2 kelas, kelas XI MIA1 diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dan kelas XI MIA2 diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match (Konvensional) sebagai gantinya dilakukan diskusi kelompok. Masing-masing kelas terdapat 40 siswa. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match (� � ) = 75,13 ± 10,71 dan rata-rata hasil belajar menggunakan model konvensional (� � ) = 61,38 ± 11,71. Aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran Make A Match meningkat yaitu (� � ) = 11,65 ± 1,67sedangkan aktivitas belajar pada siswa menggunakan model pembelajaran tanpamenggunakan model Make A Match (� � )= 10,62 dengan standar deviasi (SD) = 1,84. Rata-rata hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (11,57> 1,994) yang berarti Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar serta aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Konvensional pada materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan T.P. 2017/2018.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Struktur dan fungsi sel, hasil belajar, aktivitas belajar, model pembelajaran Make A Match, model pembelajaran konvensional |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 06:56 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 06:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64972 |
