Saragih, Aprillena (2012) UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS V SD NEGERI 020270 KEL. TIMBANG LANGKAT KEC. BINJAI TIMUR T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313032 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
108313032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
108313032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108313032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
108313032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313032 BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
108313032 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
108313032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 020270 Kel. Timbang Langkat yang bertujuan untuk mengaplikasikan penggunaan media gambar pada pokok bahasan pemanfaatan alam sekitar dan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Negeri 020270 Kel. Timbang Langkat Kec. Binjai Timur pada materi bahasan pemanfaatan alam sekitar Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V di SD Negeri 020270 Kel. Timbang Langkat tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 orang siswa. Penentuan sampel ini berdasarkan hasil penelitian awal terhadap kelas yang akan diteliti dan hasil rujukan dari kepala sekolah.Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan hasil penelitian yang diperoleh Pada siklus I pertemuan pertama peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan pemanfaatan alam sekitar, dimana siswa tidak berminat 5 orang (25%), 12 orang (60%) siswa yang kurang berminat, 3 orang (15 %) siswa yang berminat, dan untuk siswa yang sangat berminat masih belum ada tampak pada pertemuan yang pertama. Sedangkan pada pertemuan kedua tampak adanya peningkatan minat belajar siswa yaitu siswa yang tidak berminat berkurang menjadi 2 orang (10%), siswa yang kurang berminat berkurang menjadi 10 orang (50 %), siswa yang berminat meningkat menjadi 6 orang (30%), dan pada pertemuan kedua telah terlihat adanya siswa yang sangat berminat yaitu 2 orang (10%). Oleh karena minat siswa yang meningkat, maka kesulitan belajar siswa dapat teratasi. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil tes Siklus I dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan tes pada akhir siklus I masih rendah. Dari 20 siswa terdapat 13 siswa (65%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar ≥65%, sedangkan 7 siswa (35%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar<65% dan nilai rata-rata hasil tes I siklus I adalah 64.5. Pada siklus II pertemuan ke-3. dari jumlah frekuensi siswa 20 orang, dimana pada persentasinya sudah tidak ada lagi siswa yang tidak berminat. Siswa yang kurang berminat berkurang menjadi 9 orang (45%), siswa yang berminat bertambah manjadi 7 orang (35 %). Dan siswa sangat berminat bertambah menjadi 4 orang (20%). Pada pertemuan ke-4, siswa yang kurang berminat berkurang menjadi 3 orang siswa (15%), dan siswa yang berminat bertambah lagi menjadi 10 orang (50%). Siswa yang sangat berminat juga bertambah menjadi 7 orang (35%). Oleh karena minat siswa yang meningkat, maka kesulitan belajar siswa dapat teratasi. Hal ini juga dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa tercapai. Dapat dilihat dari siswa tuntas belajar berjumlah 18 orang (90%) dan yang tidak tuntas belajar hanya 2 orang (10%) dari 20 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Negeri 020270 Kel. Timbang Langkat pada pokok bahasan pemanfaatan alam sekitar mata pelajaran IPA tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar u |
Keywords: | Kesulitan Belajar; IPA; Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6493 |