Hadijah, Siti (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DRAMA BERBANTUAN MEDIA BOOK CREATOR PADA SISWA KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203311034_Cover.pdf
Download (243kB)
2203311034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203311034_Kata_Pengantar.pdf
Download (152kB)
2203311034_Abstrak.pdf
Download (125kB)
2203311034_Daftar_Isi.pdf
Download (152kB)
2203311034_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
2203311034_Daftar_Gambar.pdf
Download (59kB)
2203311034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
2203311034_BAB_I.pdf
Download (344kB)
2203311034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (601kB)
2203311034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (499kB)
2203311034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (565kB)
2203311034_BAB_V.pdf
Download (173kB)
2203311034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (204kB)
2203311034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan bentuk pengembangan serta menganalisis kelayakan bahan ajar materi drama berbantuan aplikasi book creator pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang dilakukan dengan model ADDIE, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Proses validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain media. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan minimnya ketersediaan bahan ajar teks drama dengan mengembangkan bahan ajar teks drama menggunakan aplikasi book creator, proses pengembangan dilakukan melalui tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain (2) bentuk bahan ajar teks drama yang dikembangkan berupa aplikasi berbasis website yang dapat diakses melalui tautan yang di dalamnya berisi komponen lengkap materi ajar teks persuasi disertai gambar dan video, (3) kelayakan bahan ajar teks drama
berbantuan aplikasi book creator penilaian dari ahli media memperoleh skor persentase sebesar 96,4% dan termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Pada penilaian ahli materi memperoleh skor presentasi 82,3% dan termasuk pada kategori “ Sangat Layak”. Dengan demikian bahan ajar teks drama berbantuan aplikasi book creator dapat digunakan siswa untuk mendukung proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Buku Elektronik, Pengembangan, Teks Drama. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:01 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 07:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64924 |
