Purba, Romaida (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIMENT DIVISION (STAD) PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101820 PANCUR BATU TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311063 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
1104311063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1104311063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
1104311063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1104311063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1104311063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
1104311063 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
1104311063 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1104311063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya hasil belajar siswa kelas IV pada IPS materi Materi Teknologi Produksi Komunikasi Dan Transportasi IV SD SD Negeri 101820 Pancur Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Kooperatif Tipe Student Team Achiment Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi Teknologi Produksi Komunikasi Dan Transportasi di Kelas IV SD Negeri 101820 Pancur Batu TA 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa selanjutnya diberikan postest pada siklus I dan siklus II.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101820 Pancur Batu yang berjumlah 30 orang siswa. Alat pengumpulan data menggunakan test dan observasi.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat Pada saat pretes dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 6 orang siswa 20% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 24 orang siswa 80% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 54,00. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 20 orang siswa 66,67% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 10 orang siswa 33,33% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 67,33. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 29 orang siswa 96,67% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 1 orang siswa 3,33% yang tuntas dengan nilai rata-rata 87,3.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi dan Transportasi di kelas IV Tahun Ajaran 2011/2012 Oleh karenya guru perlu meningkatkan keterampilan menggajarnya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatf tipe Student Team Achiment Division (STAD) sebagai salah satu upya untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya Teknologi Produksi Komunikasi Dan Transportasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pur m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Kooperatif tipe STAD; Pelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6492 |