Pengembangan E Modul Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Kontrol Refrigerasi Dan Tata Udara Kelas XI Teknik Pendingin Dan Tata Udara SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

TARIGAN, SASKIA REHANI BR (2022) Pengembangan E Modul Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Kontrol Refrigerasi Dan Tata Udara Kelas XI Teknik Pendingin Dan Tata Udara SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5181131003 COVER.pdf] Text
1. NIM 5181131003 COVER.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 2. NIM 5181131003 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5181131003 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 5181131003 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5181131003 ABSTRACT.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of 4. NIM 5181131003 PREACE.pdf] Text
4. NIM 5181131003 PREACE.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. NIM 5181131003 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5181131003 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of 6. NIM 5181131003 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5181131003 TABLES.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 7. NIM 5181131003 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5181131003 ILLUSTRATION.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 8. NIM 518113103 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 518113103 APPENDICES.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 9. NIM 5181131003 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5181131003 CHAPTER I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 10. NIM 5181131003 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5181131003 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 11. NIM 5181131003 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5181131003 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 12. NIM 5181131003 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5181131003 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 13. NIM 5181131003 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5181131003 CHAPTER V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 14 NIM 5181131003 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14 NIM 5181131003 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of 15. NIM 5181131003 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 5181131003 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara mengembangkan E Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara untuk siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan E-Modul Berbasis Discovery Learing yang dikembangkan untuk siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (3) Mengetahui respon siswa terhadap E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara Kelas XI di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini akan diuji coba dengan melibatkan siswa kelas XI Teknik Pendingin dan Tata udara SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kebutuhan produk, kedua design yaitu menyusun garis besar, layout dan materi E-Modul, ketiga development yaitu mengembangkan produk yang sudah didesain untuk dilakukan validasi agar mendapatkan masukan oleh ahli media dan ahli materi, keempat implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan respon dari pengguna (siswa) terhadap E-Modul yang telah dikembangkan, kelima evaluation yaitu mengevaluasi E- Modul berdasarkan beberapa masukkan dari para ahli serta respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi dan angket respon pengguna. Hasil Penelitian ini diketahui : (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa E-Modul Berbasis Model Pembelajran Discovery Learning Kontrol Refrigeradi dan Tata Udara. (2) Kelayakan E-Modul ini didapatkan dari hasil validasi ahli media dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4. Dan hasil validasi berikutnya didapatkan dari ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4. (3) Hasil respon pengguna terhadap E- Modul ini dikategorikan “Sangat Baik” yang memperoleh nilai rata- rata sebesar 3,6 pada siswa dalam kelompok kecil, 3,7 pada siswa dalam kelompok besar. Rekomendasi pada penelitian ini adalah penggunaan E-Modul Berbasis Model Pembelajran Discovery Learning dalam kegiatan pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi pada mata pelajaran lainnya sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul Pembelajaran; Discovery Learning; Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:55
Last Modified: 07 Aug 2025 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64915

Actions (login required)

View Item
View Item