TARIGAN, SASKIA REHANI BR (2022) Pengembangan E Modul Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Kontrol Refrigerasi Dan Tata Udara Kelas XI Teknik Pendingin Dan Tata Udara SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5181131003 COVER.pdf
Download (287kB)
2. NIM 5181131003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 5181131003 ABSTRACT.pdf
Download (927kB)
4. NIM 5181131003 PREACE.pdf
Download (1MB)
5. NIM 5181131003 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (728kB)
6. NIM 5181131003 TABLES.pdf
Download (358kB)
7. NIM 5181131003 ILLUSTRATION.pdf
Download (357kB)
8. NIM 518113103 APPENDICES.pdf
Download (356kB)
9. NIM 5181131003 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
10. NIM 5181131003 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
11. NIM 5181131003 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
12. NIM 5181131003 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
13. NIM 5181131003 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14 NIM 5181131003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (936kB)
15. NIM 5181131003 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara mengembangkan E Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara untuk siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan E-Modul Berbasis Discovery Learing yang dikembangkan untuk siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (3) Mengetahui respon siswa terhadap E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara Kelas XI di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini akan diuji coba dengan melibatkan siswa kelas XI Teknik Pendingin dan Tata udara SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kebutuhan produk, kedua design yaitu menyusun garis besar, layout dan materi E-Modul, ketiga development yaitu mengembangkan produk yang sudah didesain untuk dilakukan validasi agar mendapatkan masukan oleh ahli media dan ahli materi, keempat implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan respon dari pengguna (siswa) terhadap E-Modul yang telah dikembangkan, kelima evaluation yaitu mengevaluasi E- Modul berdasarkan beberapa masukkan dari para ahli serta respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi dan angket respon pengguna. Hasil Penelitian ini diketahui : (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa E-Modul Berbasis Model Pembelajran Discovery Learning Kontrol Refrigeradi dan Tata Udara. (2) Kelayakan E-Modul ini didapatkan dari hasil validasi ahli media dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4. Dan hasil validasi berikutnya didapatkan dari ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4. (3) Hasil respon pengguna terhadap E- Modul ini dikategorikan “Sangat Baik” yang memperoleh nilai rata- rata sebesar 3,6 pada siswa dalam kelompok kecil, 3,7 pada siswa dalam kelompok besar. Rekomendasi pada penelitian ini adalah penggunaan E-Modul Berbasis Model Pembelajran Discovery Learning dalam kegiatan pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi pada mata pelajaran lainnya sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-Modul Pembelajaran; Discovery Learning; Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:55 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 01:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64915 |
