Identifikasi Kesulitan Proses Belajar Perbaikan Peralatan Listrik Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Selama Masa Pembelajaran Daring

Samosir, Mery Hamdani (2022) Identifikasi Kesulitan Proses Belajar Perbaikan Peralatan Listrik Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Selama Masa Pembelajaran Daring. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5173331025 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5173331025 COVER.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5173331025 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5173331025 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM. 5173331025 PREFACE.pdf] Text
3. NIM. 5173331025 PREFACE.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5173331025 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM. 5173331025 ABSTRACT.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5173331025 TABEL OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5173331025 TABEL OF CONTENT.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5173331025 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM. 5173331025 ILLUSTRATION.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5173331025 TABELS.pdf] Text
7. NIM. 5173331025 TABELS.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5173331025 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5173331025 APPENDICES.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5173331025 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5173331025 CHAPTER I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 10. NIM. 5173331025 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5173331025 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5173331025 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5173331025 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 12. NIM. 5173331025 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5173331025 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5173331025 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5173331025 CHAPTER V.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5173331025 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5173331025 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5173331025 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5173331025 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian identifikasi kesulitan belajar bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa selama proses belajar perbaikan peralatan listrik dengan menggunakan metode pembelajaran daring. Permasalahan yang timbul akibat pembelajaran daring (dalam jaringan) ditandai dengan berkurangnya konsentrasi siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII sedangkan sampel sebagai sumber data sebanyak 5 orang siswa dan 1 orang guru mata pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik. Penelitian dilakukan di Kelas XII SMK Swasta Dwiwarna Medan Semester II pada Tahun Ajaran 2021/2022 tanggal 25 Maret sampai dengan 20 Juni 2022. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMK Swasta Dwiwarna Medan mengalami kesulitan belajar pada pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) adalah siswa kurang menguasai materi Perbaikan Peralatan Listrik, siswa sulit menyimpulkan materi pembelajaran dan siswa merasa bosan dan tidak cocok dengan metode pembelajaran daring (dalam jaringan). Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa SMK Swasta Dwiwarna Medan pada pembelajaran Perbaikan Peralatan Listrik selama belajar, yaitu minat dan motivasi siswa, metode belajar siswa, jaringan dan kuota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesulitan Belajar; Perbaikan Peralatan Listrik; Pembelajaran Daring
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:36
Last Modified: 06 Aug 2025 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64910

Actions (login required)

View Item
View Item