Situmeang, Otto P. (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Prodi PTB FT Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153111037 COVER.pdf
Download (290kB)
2. NIM. 5153111037 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5153111037 ABSTRAK.pdf
Download (557kB)
4. NIM. 5153111037 KATA PENGANTAR.pdf
Download (829kB)
5. NIM. 5153111037 DAFTAR ISI.pdf
Download (557kB)
6. NIM. 5153111037 DAFTAR TABEL.pdf
Download (284kB)
7. NIM. 5153111037 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (283kB)
8. NIM. 5153111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (283kB)
9. NIM. 5153111037 BAB I.pdf
Download (2MB)
10. NIM. 5153111037 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
11. NIM. 5153111037 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
12. NIM. 5153111037 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
13. NIM. 5153111037 BAB V.pdf
Download (829kB)
14. NIM. 5153111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (556kB)
15. NIM. 5153111037 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (42MB)
Abstract
Modul pembelajaran adalah salah satu bentuk buku atau bahan ajar yang dirangkum dan dikemas secara utuh dan sistematis dan terdiri atas suatu rangkaian kegiatan dan pengalaman belajar yang sudah direncanakan dengan tujuan untuk membantu peserta didik menguasai dan memperoleh materi ajar secara mandiri yang spesifik dan jelas. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungan dengan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mencoba mengembangankan modul pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan untuk mempermudah mahasiswa untuk memahami pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Modul Pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan layak digunakan atau tidak. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Prosedur penelitian dan pengembangan dilakukan dengan model Borg and Gell yang dimodifikasi oleh Sugiyono dikenal dengan metode Research and Development. Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli materi, dan ahli media maka modul pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dari hasil penelitian kelayakan ahli materi memperoleh kategori kelayakan baik dengan rata rata nilai 4,09, hasil kelayakan dari ahli media memperoleh kategori kelayakan sangat baik dengan rata rata nilai 4,22, dan kemudian berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan kepada 4 mahasiswa Prodi PTB diperoleh nilai rata rata 4,34 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian pengembangan modul pembelajaran sangat baik dilakukan dangen melihat nilai dari responden dan juga tanggapan positif yang mendukung modul pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; Modul Pembelajaran; Prodi PTB FT Unimed |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:59 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 08:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64853 |
