Lumban Raja, Vienna Maria (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD SWASTA GKPS MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113067 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108113067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108113067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108113067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108113067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108113067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108113067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108113067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108113067 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
108113067 BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
108113067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematikadi kelas IV SD Swasta GKPS Medan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada materi ajar menyelesaian soal cerita pada perkalian bilangan.. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Swasta GKPS Medan yang berjumlah 24 orang siswa. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Fakta dilapangan menunjukkan banyak siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dalam belajar Matematika, sehingga peneliti berupaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilkukan dua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan dilakukan selama 35 menit. Dalam setiap siklus akan dilakukan observasi untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Analisis data yang peroleh dari 24 sampel siswa menunjukkan bahwa skor motivasi belajar siswa pada kondisi awal adalah: terdapat 3 orang siswa (12,5%) yang motivasi tinggi, 4 siswa (16,6%)yang motivasi sedang dan 17 oarang siswa (70,8%)yang motivasi rendah. Pada Siklus I terdapat 12 orang siswa (50%) yang memiliki motivasi belajar tinggi, 10 orang siswa (41,7%) yang memiliki motivasi sedang dan 2 orang siswa (8,3%) yang memiliki motivasi rendah. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan, yang menunjukkan: terdapat 20 orang siswa (83,3%) yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 4 orang siswa (16,7%) yang memiliki motivasi yang sangat tinggi.. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan dalam mata pelajaran Matematika, materi ajar menyelesaikan soal cerita pada perkalian bilangan, dengan menggunakan model pembelajara Problem Solving pada siswa kelas IV SD Swasta GKPS Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lum u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran Problem Solving; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6478 |