Renggani, Sela Duwi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BIDANG STUDI SAINS PADA MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANYA DI KELAS IV SD NEGERI 101827 TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2011 – 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313321 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313321 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
108313321 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
108313321 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313321 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313321 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313321 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313321 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
108313321 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313321 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian sebanyak 25 orang siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 9 perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 20 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar SAINS siswa pada materi Energi dan Penggunaanya di kelas IV SD Negeri 101827 Tuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Penggunaanya dengan menggunakan pembelajaran Quantum Teaching kelas IV SD Negeri 101827 Tuntungan. Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 25 orang siswa diperoleh 7 orang siswa (28%) yang mendapat nilai tuntas sedangkan 18 orang siswa (72%) belum tuntas, selanjutnya pada siklus I naik menjadi 15 orang siswa (60%) yang mendapat nilai tuntas dan 10 orang siswa (40%) belum tuntas, pada siklus II dari 25 orang siswa diperoleh 23 orang siswa (92%) siswa mendapat nilai tuntas dan 2 orang siswa lagi ( 8 %) belum tuntas. Jadi dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Penggunaanya kelas IV SD Negeri 101827 Tuntungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ren m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Quantum Teaching; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6471 |