PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF (TDO) SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 KUALUH SELATAN

-, Suharisma (2023) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF (TDO) SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 KUALUH SELATAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5173322009 COVER.pdf] Text
1. NIM 5173322009 COVER.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 2. NIM 5173322009 LEMBAR PERSEJUAN.pdf] Text
2. NIM 5173322009 LEMBAR PERSEJUAN.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 3. NIM 5173322009 APPROVAL SHEET.pdf] Text
3. NIM 5173322009 APPROVAL SHEET.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 4. NIM 5173322009 SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
4. NIM 5173322009 SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 5. NIM 5173322009 ABSTRACT.pdf] Text
5. NIM 5173322009 ABSTRACT.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 6. NIM 5173322009 PREFACE.pdf] Text
6. NIM 5173322009 PREFACE.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of 7. NIM 5173322009 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
7. NIM 5173322009 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of 8. NIM 5173322009 TABLES.pdf] Text
8. NIM 5173322009 TABLES.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 9. NIM 5173322009 ILLUSTRATION.pdf] Text
9. NIM 5173322009 ILLUSTRATION.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 10. NIM 5173322009 APPENDICES.pdf] Text
10. NIM 5173322009 APPENDICES.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of 11. NIM 5173322009 CHAPTER I.pdf] Text
11. NIM 5173322009 CHAPTER I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 5173322009 CHAPTER II.pdf] Text
12. NIM 5173322009 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 13. NIM 5173322009 CHAPTER III.pdf] Text
13. NIM 5173322009 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 14. NIM 5173322009 CHAPTER IV.pdf] Text
14. NIM 5173322009 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 15. NIM 5173322009 CHAPTER V.pdf] Text
15. NIM 5173322009 CHAPTER V.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 16. NIM 5173322009 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
16. NIM 5173322009 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 17. NIM 5173322009 ENCLOSURE.pdf] Text
17. NIM 5173322009 ENCLOSURE.pdf

Download (23MB)
[thumbnail of 17. NIM 5173322009 ENCLOSURE.pdf] Text
17. NIM 5173322009 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Inquiry
terhadap hasil belajar pada materi pemeliharaan baterai siswa kelas X di SMK
Negeri 2 Kualuh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dua kelas X TKR yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol di SMK Negeri 2 Kualuh Selatan menggunakan
teknik acak (random sampling). Dari hasil penelitian ini diperoleh rata-rata pretest
siswa sebesar 47,5 dan rata-rata post-test siswa sebesar 83,83 untuk kelas
eksperiman sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata pre-test siswa sebesar
45,83 dan rata-rata post-test siswa sebesar 80,17. Analisis data yang digunakan
adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan uji t. Uji hipotesis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dengan hasil yang diperoleh yaitu thitung
(2,069) > ttabel (1,672) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Guided Inquiry berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa pada materi pemeliharaan baterai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guided Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:16
Last Modified: 01 Aug 2025 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64683

Actions (login required)

View Item
View Item