PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMIUNSUR TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA

Br Tarigan, Alpiani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMIUNSUR TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111025_Cover.pdf] Text
2203111025_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2203111025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111025_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111025_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 2203111025_Abstrak.pdf] Text
2203111025_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 2203111025_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111025_Daftar_Isi.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2203111025_BAB_II.pdf] Text
2203111025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[thumbnail of 2203111025_BAB_III.pdf] Text
2203111025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111025_BAB_IV.pdf] Text
2203111025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111025_BAB_V.pdf] Text
2203111025_BAB_V.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 2203111025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 2203111025_Lampiran.pdf] Text
2203111025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan memahamai unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka dengan menggunakan model pembelajaran market place activity; (2) Untuk mengetahui kemampuan memahamai unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka tanpa
menggunakan model pembelajaran market place activity; (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran market place activity terhadap kemampuan memahamai unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Merdeka yang berjumlah 104 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR-1 (kelas kontrol) dan X TKR-3 (kelas eksperimen) yang masing-masih berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperiment. Dalam penelitian ini, desain penelitian adalah post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes unjuk kerja yang berupa post-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan memahami unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka menggunakan model pembelajaran market
place activity tergolong kategori cukup dengan nilai mean 71,62; (2) Kemampuan memahami unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka menggunakan model pembelajaran ekspositori tergolong kategori kurang dengan nilai mean 52,20; (3) Ditemukan nilai mean yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang mengindikasikan model pembelajaran market place activity lebih efektif dalam meningkatkan kemampauan memahami unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka. Melalui pengujian hipotesis diperoleh Thitung= 5,58 dan Ttabel=1,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Thitung>Ttabel yaitu 5,58>1,99 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran market place activity terhadap kemampuan memahami unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Memahami, Model Pembelajaran Market Place Activity, Unsur Teks Negosiasi.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:28
Last Modified: 01 Aug 2025 02:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64678

Actions (login required)

View Item
View Item