Gulo, Mega Murni Juang (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Materi Pelajaran Belahan Dua Lajur Sama Bentuk Siswa Kelas X SMK Pencawan Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 5173143014 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 5173143014 COVER.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 2. NIM 5173143014 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 5173143014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM 5173143014 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 5173143014 ABSTRACT.pdf
Download (670kB)
![[thumbnail of 4. NIM 5173143014 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 5173143014 PREFACE.pdf
Download (803kB)
![[thumbnail of 5. NIM 5173143014 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 5173143014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (718kB)
![[thumbnail of 6. NIM 5173143014 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 5173143014 TABLES.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of 7. NIM 5173143014 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 5173143014 ILLUSTRATION.pdf
Download (716kB)
![[thumbnail of 8. NIM 5173143014 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 5173143014 APPENDICES.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of 9. NIM 5173143014 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 5173143014 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 10. NIM 5173143014 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5173143014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 11. NIM 5173143014 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5173143014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5173143014 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5173143014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 13. NIM 5173143014 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5173143014 CHAPTER V.pdf
Download (667kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5173143014 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5173143014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (552kB)
![[thumbnail of 15. NIM 5173143014 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5173143014 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
Perkembangan teknologi di abad 21 berpengaruh terhadap berbagai aspek salah satunya adalah didunia pendidikan. Oleh sebab itu tenaga pendidik dan peserta didik harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi agar kegiatan belajar mengajar dapat lebih efektif lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1)mengembangan media pembelajaran video tutorial pada materi belahan dua lajur sama bentuk di SMK Pencawan Medan dan (2)mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Pencawan Medan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2022 semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 pada siswa kelas X SMK Pencawan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model pengembangan 4-D (difine, design, develop and desseminate). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran video tutorialyang dapat digunakan untuk materi pembelajaran pembuatan belahan dua lajur sama bentuk. Media pembelajaran di validasi oleh dua jenis ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan media pembelajaran video tutorial pada materi belahan dua lajur sama bentuk di SMK Pencawan Medan menurut ahli materi “Sangat Baik” dengan persentase rata-rata skor penilaian yaitu 93,52% dan menurut hasil penilaian dari ahli media termasuk kategori “Sangat baik” dengan persentase rata-rata skor penilaian 95,2%. (2) Media pembelajaran video tutorial yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan pada kegiatan belajar mengajar berdasarkan nilai rata-rata uji kelayakan kelompok kecil mendapatkan rata-rata skor penilaian 89% dengan kategori “Sangat Layak” dan uji kelayakan kelas besar memperoleh skor penilaian 96,8% kategori “Sangat Layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Tutorial; Belahan Busana |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64643 |