ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STAMBUK 2021 FMIPA UNIMED BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Tarigan, Cindy Octavia Br. (2024) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STAMBUK 2021 FMIPA UNIMED BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173341009_Cover.pdf] Text
4173341009_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4173341009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173341009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 4173341009_Abstrak.pdf] Text
4173341009_Abstrak.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4173341009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173341009_Kata_Pengantar.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4173341009_Daftar_Isi.pdf] Text
4173341009_Daftar_Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4173341009_BAB_I.pdf] Text
4173341009_BAB_I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4173341009_BAB_II.pdf] Text
4173341009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of 4173341009_BAB_III.pdf] Text
4173341009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[thumbnail of 4173341009_BAB_IV.pdf] Text
4173341009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of 4173341009_BAB_V.pdf] Text
4173341009_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 4173341009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173341009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4173341009_Lampiran.pdf] Text
4173341009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas praktikum mikrobiologi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan tugas KKNI di FMIPA Unimed. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan sampel sebanyak 137 mahasiswa Pendidikan Biologi stambuk 2021. Data dikumpulkan melalui angket yang sudah divalidasi oleh dosen ahli pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan praktikum mikrobiologi telah dilaksanakan dengan baik (79,17%), pelaksanaan praktikum sangat baik (82,37%), dan evaluasi praktikum baik (80,59%). Mahasiswa merasa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi dan berkreasi, sementara dosen berperan efektif sebagai fasilitator. Namun, masih ada ruang peningkatan dalam penyediaan alat praktikum, integrasi tugas KKNI, dan penyelarasan evaluasi dengan standar KKNI. Disarankan untuk meningkatkan ketersediaan alat praktikum, mengadakan sesi konsultasi khusus tugas KKNI, meningkatkan transparansi kriteria penilaian, dan melakukan evaluasi berkala terhadap kesesuaian metode evaluasi dengan standar KKNI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 579.071 1 Tar a
Keywords: Praktikum; Mikrobiologi; Kurikulum merdeka belajar; Evaluasi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:16
Last Modified: 31 Jul 2025 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64613

Actions (login required)

View Item
View Item