Sihombing, Febri Yustina (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 3173121014 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 3173121014 COVER.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 3173121014 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 3173121014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 3173121014 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 3173121014 ABSTRACT.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 3173121014 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 3173121014 PREFACE.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 3173121014 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 3173121014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 3173121014 LIST OF TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 3173121014 LIST OF TABLES.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 3173121014 LIST OF APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 3173121014 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 3173121014 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 3173121014 CHAPTER I.pdf
Download (372kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 3173121014 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 3173121014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. NIM. 3173121014 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 3173121014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM. 3173121014 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 3173121014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (685kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 3173121014 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 3173121014 CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (220kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 3173121014 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 3173121014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 3173121014 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 3173121014 ENCLOSURE.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan TPACK terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Penelitian ini termasuk kedalam kategori eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan T.A. 2021/2022 dengan sampel kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan metode simple random sampling. Pada kelas eksperimen diberikan pengajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan TPACK, sedangkan untuk kelas kontrol diberikan pengajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes yang berjumlah 25 soal pilihan ganda yang telah dinyatakan valid. Pada penelitian ini diberikan dua tahapan tes yaitu Pretest dan Posttest dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah dinyatakan valid. Pretest diberikan kepada kedua kelas sampel untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sebelum diberikannya perlakuan. Sedangkan Posttest diberikan kepada kedua kelas sampel untuk mengetahui kemampuan akhir peserta didik setelah mendapatkan perlakuan. Berdasarkan data posttest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,3 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 68,4. Melalui analisis uji statistik data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis yaitu uji t satu pihak yang menunjukkan ( ) pada taraf nyata α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Pendekatan TPACK, Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64570 |