DEVELOPMENT OF SCIENTIFIC APPROACH-BASED E-WORKSHEET TO IMPROVE STUDENT CRITICAL THINKING SKILLS ON DIGESTIVE SYSTEM MATERIAL CLASS XI SMA UNGGULAN AL-MANAR

Yenda, Azura Nur (2024) DEVELOPMENT OF SCIENTIFIC APPROACH-BASED E-WORKSHEET TO IMPROVE STUDENT CRITICAL THINKING SKILLS ON DIGESTIVE SYSTEM MATERIAL CLASS XI SMA UNGGULAN AL-MANAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202441013_Cover.pdf] Text
4202441013_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4202441013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202441013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4202441013_Abstrak.pdf] Text
4202441013_Abstrak.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4202441013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202441013_Kata_Pengantar.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4202441013_Daftar_Isi.pdf] Text
4202441013_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4202441013_BAB_I.pdf] Text
4202441013_BAB_I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4202441013_BAB_II.pdf] Text
4202441013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[thumbnail of 4202441013_BAB_III.pdf] Text
4202441013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[thumbnail of 4202441013_BAB_IV.pdf] Text
4202441013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[thumbnail of 4202441013_BAB_V.pdf] Text
4202441013_BAB_V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4202441013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202441013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 4202441013_Lampiran.pdf] Text
4202441013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C, salah satu diantaranya yaitu berpikir kritis. Pendekatan saintifik dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan menggunakan bahan ajar sesuai dengan abad 21 yaitu berbasis elektronik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan aspek validitas, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Produk E-LKPD yang dihasilkan telah melalui proses validasi, revisi dan uji coba. Validitas E-LKPD diperoleh menggunakan instrumen validasi ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain. Hasil validasi E-LKPD secara berturut sebesar 3,8 (sangat valid), 3,9 (sangat valid), 3,8 (sangat valid). Keefektifan E-LKPD diperoleh menggunakan nilai pretestposttest dengan indikator berpikir kritis, N-Gain, dan ranah kognitif. E-LKPD berbasis pendekatan saintifik dinyatakan efektif pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membuat kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan strategi dan taktik. E-LKPD dinyatakan layak dengan rata-rata nilai N-gain siswa adalah 0,71 dengan kategori tinggi. E-LKPD dinyatakan efektif pada ranah kognitif yang ditunjukkan pada peningkatan setiap ranah kognitif pada uji posttest. E-LKPD dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek validitas dan keefektifan untuk pembelajaran biologi kelas XI pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.3 Yen d
Keywords: Pendekatan ilmiah; Berpikir kritis; Sistem pencernaan; Lembar kerja peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:29
Last Modified: 30 Jul 2025 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64567

Actions (login required)

View Item
View Item