Astuti, Rizki (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS 5 SD NEGERI 020270 BINJAI TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113056 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108113056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108113056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
108113056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
108113056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108113056 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
108113056 BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108113056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah denganmenggunakan pembelajaran teknik kancing gemerincing dapat meningkatkanhasil belajar siswa pada pokok bahasan cahaya dan sifatnya pada mata pelajaransains kelas V SD Negeri 020270 Binjai Timur Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam prosesbelajar mengajar.Hasil belajar merupakan hasil dari usaha yang dicapai sesorang melaluiperbuatan belajar yang berupa kemampuan yang ditujukan dengan angka. Teknikkancing gemerincing adalah salah satu teknik dalam pembelajaran kooperatif,dimana setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk mengeluarkan pendapat dankontribusi mereka masing-masing.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 020270 Binjai Timur, penelitianini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas V SD Negeri 020270 Binjai Timur Tahun Ajaran 2011/2012 yangberjumlah 18 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalahmenggunakan tes yaitu, tes awal, post tes I, post tes II dan observasi. Masing –masing tes terdiri dari 10 butir soal. Post tes hasil belajar siklus I diberikan setelahdilakukan tindakan I dan post tes hasil belajar siklus II diberikan setelah dilakukantindakan II. Teknik analisis data yang digunakan adalah ketuntasan secaraindividual yaitu�������� ��������������������� dan ketuntasan klasikal yaitu���������� ��������������������x 100%.Dari pemberian tindakan dengan pembelajaran menggunakan teknikkancing gemerincing pada tes awal, pada siklus I, siklus II diperoleh tingkatketuntasan belajar siswa. pada tes awal, dari 18 orang siswa ditemukan 6 orangsiswa yang tuntas (33,30%) dan 12 orang siswa yang tidak tuntas (66,70%),setelah dilakukan tindakan siklus I serta diberikan post tes I nilai rata – rata siswameningkat dimana dari 18 orang siswa ditemukan 11 orang siswa yang tuntas(61,05%) dan 7 orang siswa yang tidak tuntas (38,95%). Pada waktu post tes IImeningkat menjadi dimana dari 18 orang siswa ditemukan 15 orang siswa yangtuntas (83,25%) dan 3 orang siswa yang tidak tuntas (16,75%). Kesulitan belajarsiswa masih ada namun tidak seperti pada siklus I. Tingkat ketuntasan belajarsiswa secara klasikal mencapai 83,25% yang artinya sudah mencapai tingkatketuntasan belajar yang diharapkan maka tidak perlu lagi dilanjutkan siklusberikutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ast u |
Keywords: | Hsil Belajar; Teknik Kancing Gemerincing; Pelajaran Sains |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6455 |