PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN EKONOMI DAN BISNIS DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024

Silalahi, Yessica Retris (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN EKONOMI DAN BISNIS DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203344011_Cover.pdf] Text
7203344011_Cover.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 7203344011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203344011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203344011_Abstrak.pdf] Text
7203344011_Abstrak.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of 7203344011_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203344011_Kata_Pengantar.pdf

Download (886kB)
[thumbnail of 7203344011_Daftar_Isi.pdf] Text
7203344011_Daftar_Isi.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of 7203344011_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203344011_Daftar_Tabel.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 7203344011_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203344011_Daftar_Gambar.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 7203344011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203344011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 7203344011_BAB_I.pdf] Text
7203344011_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203344011_BAB_II.pdf] Text
7203344011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7203344011_BAB_III.pdf] Text
7203344011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203344011_BAB_IV.pdf] Text
7203344011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7203344011_BAB_V.pdf] Text
7203344011_BAB_V.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of 7203344011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203344011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344011_Lampiran.pdf] Text
7203344011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran TGT berbantuan media canva diterapkan dalam pembelajaran. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini siswa jurusan manajemen perkantoran dengan jumlah 63 siswa yang dimana menjadi sampel yaitu kelas XI MPLB 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa dan kelas XI MPLB 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Tanpa Bantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen pada tes awal (pretest) 55,76 dan nilai rata-rata (posttest) 76,61 sehingga mengalami peningkatan 37,39%. Hal ini terbukti dari uji hipotesis yang dilakukan dimana thitung > ttabel yaitu, 8,263 > 1,670 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Canva di terapkan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Media Pembelajaran, Canva
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
S Agriculture > SK Hunting sports > SK341 Other game
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:44
Last Modified: 29 Jul 2025 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64536

Actions (login required)

View Item
View Item