Sitorus, William T (2024) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI BERBANTUAN WEB GOOGLE SITE UNTUK SISWA KELAS VII SMP SWASTA METHODIST LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203311003_Cover.pdf
Download (206kB)
2203311003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203311003_Kata_Pengantar.pdf
Download (123kB)
2203311003_Abstrak.pdf
Download (126kB)
2203311003_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
2203311003_Daftar_Tabel.pdf
Download (73kB)
2203311003_Daftar_Gambar.pdf
Download (71kB)
2203311003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (71kB)
2203311003_BAB_I.pdf
Download (384kB)
2203311003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203311003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (524kB)
2203311003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
2203311003_BAB_V.pdf
Download (151kB)
2203311003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (154kB)
2203311003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, wujud, dan kelayakan materi pembelajaran teks deskripsi berbantuan web googlesite untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and
development (R&D) dengan model ADDIE yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian. Adapaun tahapan yang dilakukan dalam proses penelitian ini adalah analisis (analysis), desain (deign), dan pengembangan
(development). Penilaian produk dilakukan oleh dua ahli, yakni ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini berdasarkan (1) analisis kebutuhan peserta didik dan analisis modul guru. Berdasarkan analisis angket peserta didik pada bagian masalah dan kebutuhan mendapatkan persentase 81%, kemudian hasil analisis modul guru ditemukan belum maksimalnya alur tujuan pembelajaran dan tidak sesuai dengan prinsip kontekstual. (2) wujud materi berupa teks deskripsi yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan prinsip kontekstual yang terintegrasi dalam web googlesite, (3) hasil validasi ahli materi materi pembelajaran ini berstatus “sangat layak digunakan” dengan rata-rata skor 4,47 dan persentase skor 89,41%. Selanjutnya hasil validasi media dengan status “sangat layak digunakan” dengan rata-rata skor 4,64 dan persentase skor 92,94%.
Maka dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa materi yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai materi pembelajaran pendukung teks deskripsi yang dibantu oleh web googlesite.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, R&D, Googlesite, Teks Deskripsi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:45 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 04:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64535 |
