PENGARUH MEDIA KUIS INTERAKTIF KAHOOT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA X MPLB PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MPLB DI SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TA. 2023/2024

Sihombing, Widya Cristina (2024) PENGARUH MEDIA KUIS INTERAKTIF KAHOOT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA X MPLB PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MPLB DI SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7202144002_Cover.pdf] Text
7202144002_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202144002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202144002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202144002_Abstrak.pdf] Text
7202144002_Abstrak.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of 7202144002_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202144002_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202144002_Daftar_Isi.pdf] Text
7202144002_Daftar_Isi.pdf

Download (901kB)
[thumbnail of 7202144002_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202144002_Daftar_Tabel.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of 7202144002_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202144002_Daftar_Gambar.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 7202144002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202144002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of 7202144002_BAB_I.pdf] Text
7202144002_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7202144002_BAB_II.pdf] Text
7202144002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7202144002_BAB_III.pdf] Text
7202144002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7202144002_BAB_IV.pdf] Text
7202144002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7202144002_BAB_V.pdf] Text
7202144002_BAB_V.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of 7202144002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202144002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202144002_Lampiran.pdf] Text
7202144002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Masalah yang di teliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis yang masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuam untuk mengetahui pengaruh media kuis interaktif kahoot dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar MPLB kelas X MPLB di SMK Negeri 1 Kota Pemangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Pematangsiantar yang beralamat di Jalan Bali No. 5 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MPLB sebanyak 103 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari X MPLB 1 dan X MPLB 3 sebanyak 67 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas adalah Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji f (Levene), sedangkan uji hipotesis menggunakan Anova Dua Jalur dengan taraf signifikan 95% atau alpha () 5% menggunakan uji General Linear Model (GML) univariate dengan SPSS 25.
Hasil analisis data diperoleh rerata Pre-Test siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut = 60,61 dengan SD = 6,819 dan 58,09 dengan SD = 8,440 , sedangkan nilai rerata Post-Test setelah menggunakan aplikasi kahoot = 84,70 dengan SD = 8,745 sehingga �ℎ����g sebesar 24,051 dan nilai signifikansi media pembelajaran sebesar 0,000 < 0,05 dengan ������ = 3,99 Maka �ℎ����g > ������ yaitu 24,051 > 3,99 artinya hipotesis diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif serta signifikan media kahoot terhadap hasil belajar. Pada kelas eksperimen hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar yang menggunakan kahoot dengan minat tinggi = 87,80 dan minat rendah = 75 lebih besar didapatkan �ℎ����g sebesar 41,548 dan nilai signifikansi media pembelajaran sebesar 0,000 < 0,05 sehingga ������ = 3,99 Maka karena �ℎ����g > ������ yaitu 41,548 > 3,99 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar. Selain kelas eksperimen diperoleh �ℎ����g sebesar 9,006 dan nilai signifikansi media pembelajaran sebesar 0,004 < 0,05 dengan ������ = 3,99 maka karena �ℎ����g > ������ yaitu 9,006 > 3,99 pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa media kuis interaktif kahoot dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil siswa X MPLB di SMK Negeri 1 Pematangsiantar TA. 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aplikasi Kahoot, Minat Belajar, Hasil Belajar Dasar-Dasar MPLB
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:10
Last Modified: 29 Jul 2025 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64529

Actions (login required)

View Item
View Item