Gultom, Rita Dialusi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203144004_Cover.pdf
Download (369kB)
7203144004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (703kB)
7203144004_Abstrak.pdf
Download (679kB)
7203144004_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203144004_Daftar_Isi.pdf
Download (952kB)
7203144004_Daftar_Tabel.pdf
Download (362kB)
7203144004_Daftar_Gambar.pdf
Download (436kB)
7203144004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (359kB)
7203144004_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7203144004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7203144004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203144004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203144004_BAB_V.pdf
Download (663kB)
7203144004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203144004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Elemen Pengelolaan Administrasi Umum kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yang diambil dari dua kelas yakni XI MPLB 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MPLB 2 sebagai kelas kontrol. Dalam proses pembelajaran untuk memperoleh data penelitian digunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah di validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kuantitatif yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan kepada kelas. Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol pada nilai pre-test adalah sebesar 52,05 dan 49,16 dan nilai rata-rata pada nilai post-test adalah sebesar 81,67 dan 75,74. Data pada uji normalitas dan homogenitas didapatkan hasil bahwa data terdistribusi normal dan berasal dari data yang homogen yakni 0,05 (0,113 > 0,005 dan homogenitas pada sig sig. 0,97>0,05, uji hipotesis Independent Sample T-Test melalui hasil belajar kedua kelas diperoleh sig (t-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima yakni Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan pada mata pelajaran Elemen Pengelolaan Administrasi Umum Tahun Ajaran 2023/ 2024
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Kahoot, Hasil Belajar Siswa |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:11 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 02:11 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64501 |
