PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2023/2024

Gultom, Rita Dialusi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203144004_Cover.pdf] Text
7203144004_Cover.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 7203144004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203144004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of 7203144004_Abstrak.pdf] Text
7203144004_Abstrak.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 7203144004_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203144004_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144004_Daftar_Isi.pdf] Text
7203144004_Daftar_Isi.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of 7203144004_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203144004_Daftar_Tabel.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 7203144004_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203144004_Daftar_Gambar.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 7203144004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203144004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 7203144004_BAB_I.pdf] Text
7203144004_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203144004_BAB_II.pdf] Text
7203144004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7203144004_BAB_III.pdf] Text
7203144004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203144004_BAB_IV.pdf] Text
7203144004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203144004_BAB_V.pdf] Text
7203144004_BAB_V.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of 7203144004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203144004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144004_Lampiran.pdf] Text
7203144004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Elemen Pengelolaan Administrasi Umum kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yang diambil dari dua kelas yakni XI MPLB 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MPLB 2 sebagai kelas kontrol. Dalam proses pembelajaran untuk memperoleh data penelitian digunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah di validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kuantitatif yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan kepada kelas. Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol pada nilai pre-test adalah sebesar 52,05 dan 49,16 dan nilai rata-rata pada nilai post-test adalah sebesar 81,67 dan 75,74. Data pada uji normalitas dan homogenitas didapatkan hasil bahwa data terdistribusi normal dan berasal dari data yang homogen yakni 0,05 (0,113 > 0,005 dan homogenitas pada sig sig. 0,97>0,05, uji hipotesis Independent Sample T-Test melalui hasil belajar kedua kelas diperoleh sig (t-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima yakni Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan pada mata pelajaran Elemen Pengelolaan Administrasi Umum Tahun Ajaran 2023/ 2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Kahoot, Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:11
Last Modified: 29 Jul 2025 02:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64501

Actions (login required)

View Item
View Item