Sembiring, Albertus (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TURNAMENT (TGT) PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313014 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (827kB) | Preview
108313014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313014 BAB I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
108313014 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPAsub pokok bahasan Sumber Daya Alam dan Penggunaannya dengan menggunakan modelTeam Game Turnament (TGT). Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasdengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012yang berjumlah 33 orang.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “” Apakah Penggunaan Model TeamGame Turnament(TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPA denganbahasan Sumber Daya Alam dan Penggunaannya di kelas V SD Negeri 101775 SampaliTahun Ajaran 2011/2012”.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Analisis datadilakukan menggunakan analisis deskriptif. Kriteria ketuntasan belajar didasarkan padaketuntasan secara perorangan dan secara klasikal dengan standar nilai minimal 70 bagiperseorangan dan standar nilai minimal 70 bagi klasikal dengan ketuntasan belajar 70 %.Penelitian ini terdiri dari Pretest dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dari hasilanalisa data pretest diperoleh nilai rata-rata 42,72 dengan ketuntasan belajar sebesar18,18%, hasil postest I diperoleh nilai rata-rata 60,90 dengan ketuntasan belajar sebesar48,48% berarti terjadi peningkatan sebesar 30.30% dan pada postest II diperoleh nilai ratarata75,15 dengan ketuntasan belajar sebesar 90,90% berarti terjadi peningkatan sebasar30,00% dari hasil postest I.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelTeam Game Turnament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokokbahasan Sumber Daya Alam dan Penggunaannya. Sehingga dapat dijadikan salah satualternatif pemecahan masalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya sub pokok bahasanSumber Daya Alam dan Penggunaannya di kelas V SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sem u |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Team Game Tournament; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6449 |