Lubis, Chairani (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN BAGI SISWA KELAS V SD SWASTA CENDEKIA T. A 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108 313 045 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
108 313 045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
108 313 045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
108 313 045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
108 313 045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
108 313 045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108 313 045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108 313 045 BAB I.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
108 313 045 BAB V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
108 313 045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditelitidalampenelitianiniadalahapakakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SD Swasta Cendekia Medan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia semester IITahunAjaran 2011/2012. Lokasi penelitian ini di SD Swasta Cendekia Medan. Hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunkan metode bermain peran pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SD Swasta Cendekia T.A 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SD swasta Cendekia (2). Menerapkan penggunaan metode bermain peran pada pelajaran Bahasa Indonesia(3). Membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada observasi awaldari 24 orang siswa diperoleh bahwa 6 orang siswa 25% yang telah mampu berbicara dengan baik,dan sebanyak 18 orang siswa 75% yang belum mapu berbicara dengan baik dengan nilai rata – rata 12. Pada siklus I terdapat 10 orang siswa 41,66% yang telah mampu berbicara dan sebanyak 14 orang siswa 58,34% yang belum mapu berbicara dengan baik dengan nilai rata – rata 12,87. Kemudian pada siklus II kemampuan berbicara siswa meningkat menjadi 18 orang 75% yang telah mampu berbicara dengan rata – rata 13,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi drama di kelas V SD. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan metode bermain peran sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lub m |
Keywords: | Bahasa; Bermain; Indonesia; Pelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6445 |