Hutapea, Friska Uli (2024) PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN OTKP SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203344005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Cover.pdf
Download (534kB)
![[thumbnail of 7203344005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Abstrak.pdf
Download (749kB)
![[thumbnail of 7203344005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Daftar_Tabel.pdf
Download (692kB)
![[thumbnail of 7203344005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Daftar_Gambar.pdf
Download (689kB)
![[thumbnail of 7203344005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (590kB)
![[thumbnail of 7203344005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203344005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203344005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203344005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203344005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_BAB_V.pdf
Download (744kB)
![[thumbnail of 7203344005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (863kB)
![[thumbnail of 7203344005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dari signifikan dari keterampilan mengelola kelas dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI Jurusan OTKP SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 134 siswa. Sampel terdiri dari 80 siswa yang diambil menggunakan rumus Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Validitas instrument dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas uli multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel keterampilan mengelola kelas diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu (2,205>1,664) nilai signifikansi perhitungan yang bernilai 0,030 < 0,05. 2) secara parsial untuk variabel fasilitas belajar diperoleh nilai thitung sebesar 2,995 dan ttabel sebesar 1,664 (thitung > ttabel) serta nilai signifikansi perhitungan yang bernilai 0,004 < 0,05. 3) Dalam model ini, diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 26,598 + 0,242X1 + + 0,723X2. Diartikan bahwa jika Keterampilan Mengelola Kelas (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) tetap sebesar satu satuan maka Prestasi Belajar (Y) akan tetap sebesar 26,598. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian nilai R2 adalah 0,612 yang menunjukkan hipotesis memiliki hubungan kuat dan menunjukkan bahwa pengaruh variabel Keterampilan Mengelola Kelas (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) sebesar 61,2%, sedangkan sisanya (38,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Mengelola Kelas, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64443 |