Tampubolon, Martin Rijal (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD BUDI MURNI 4 PARDOMUAN NAULI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1018313199 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
1018313199 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
1018313199 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
1018313199 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
1018313199 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
1018313199 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
1018313199 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
1018313199 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
1018313199 BAB I.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
1018313199 BAB V.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
1018313199 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarSains pokok bahasan struktur akar dan fungsinya pada siswa kelas IV SD BudiMurni 4 Pardomuan Nauli Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuanpenelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Sains melalui penerapanmetode inkuiri pada sub pokok bahasan struktur akar dan fungsinya siswa kelas IVSD Budi Murni 4 Pardomuan Nauli Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012.Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjekadalah sebanyak 28 siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun2011/2012 yang terdiri dari 13 siswa putri dan 15 siswa putra. Untukmemperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulandata dengan cara memberikan tes dan observasi.Dari hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus IIdalam proses pelajaran Sains sub pokok bahasan struktur akar dan fungsinya, ternyatatelah diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara signifikan. Jumlahsiswa yang tuntas belajar pada tes awal adalah 10 orang siswa (35,71%) dengan nilairata-rata siswa 60,0 (Belum Tuntas). Jumlah siswa yang tuntas belajar pada tes siklus Iadalah 16 orang siswa (57,14%) dengan nilai rata-rata siswa 68,60 dan jumlah siswayang tuntas belajar pada tes siklus II adalah 25 orang siswa (89,29%) dengan nilairata-rata siswa telah mencapai 78,6.Pembelajaran dengan metode Inkuir i mengenai sub pokok bahasan struktur akardan fungsinya berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa. Penelitimenyarankan agar guru Sains lebih meningkatkan kualitas pembelajaran melaluipenerapan pembelajaran dengan pembelajaran Inkuir i. Melalui penerapanpembelajaran Inkuir i diharapkan akan meningkatkan hasil belajar sains siswasecara signif ikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Tam u |
Keywords: | Sains; Metode; Inkuiri; Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6440 |