Syahra, Alfi (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV A SD NEGERI 106814 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
10313015 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
10313015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
10313015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
10313015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
10313015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
10313015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
10313015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
10313015 BAB I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
10313015 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
10313015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung campuran di kelas IVA SD Negeri 106814 Tembung T.A 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 106814 Tembung yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan format lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil tes awal diperoleh rata-rata nilai kemampuan awal siswa sebesar 36,96 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 15,15%. Setelah dilakukan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), hasil postest tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 57,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar 54,54% dan secara klasikal siswa masih belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan tetap menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 78,48 dengan ketuntasan klasikal 96,96% atau secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung campuran di kelas IVA SD Negeri 106814 Tembung T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sya p |
Keywords: | Pembelajaran PBI; Hasil Belajar; Operasi Hitung Pecahan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6439 |