Sihotang, Santi Apriani Br (2024) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DIMEDIASI OLEH MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
7192441007_Cover.pdf
Download (62kB)
7192441007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (3MB)
7192441007_Abstrak.pdf
Download (84kB)
7192441007_Kata_Pengantar.pdf
Download (169kB)
7192441007_Daftar_Isi.pdf
Download (91kB)
7192441007_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
7192441007_Daftar_Gambar.pdf
Download (52kB)
7192441007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (53kB)
7192441007_BAB_I.pdf
Download (423kB)
7192441007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7192441007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (723kB)
7192441007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7192441007_BAB_V.pdf
Download (116kB)
7192441007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (189kB)
7192441007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman mahasiswa dalam
pengambilan keputusan karir pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2020. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan pengenalan
lapangan persekolahan terhadap pengambilan keputusan karir Prodi Pendidikan
Ekonomi dimediasi oleh minat menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 83 orang mahasiswa dan sampel berjumlah 30 orang mahasiswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik total sampling.
Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dalam
bentuk skala likert dengan uji instrument mengggunakan uji validitas dan
reabilitas mengggunakan aplikasi software SPSS 22 for windows. Teknik analisis
data penelitian yang digunakan analisis deksriptif dan analisis jalur menggunakan
SPSS 22 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)
terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan pengambilan
keputusan karir dengan nilai t statistik sebesar 3.645 > 1.664 dan p-value sebesar
0.000 < 0.05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengenalan
lapangan persekolahan II dan pengambilan keputusan karir dengan nilai t statistik
sebesar 4.302 > 1.664 dan p-value 0.000 < 0.05. (3) terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara efikasi diri dan minat menjadi guru dengan nilai t statistik
sebesar 5.005 > 1.664 dab p-value 0.000 < 0.05. (4) terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara pengenalan lapangan persekolahan II dan minat menjadi
guru dengan nilai t statistik sebesar 2.554 > 1.664 dan p-value 0.013 > 0.05. (5)
terdapat pengaruh positif dan siginifikan antara pengambilan keputusan karir dan
minat menjadi guru dengan nilai t statistik sebesar 3.304 > 1.664 dan p-value
0.001 < 0.05. (6) terdapat pengaruh ositif dan signifikan antara efikasi diri
terhadap pengambilan keputusan karir melalui minat menjadi guru dengan nilai
sobel test statistic sebesar 2,753 > 1,96 dan dan nilai one-tailed probability 0,002
< 0,05. (7) terdapat pengaruh antara pengenalan lapangan persekolahan II
terhadap pengambilan keputusan karir melalui minat menjadi guru dengan nilai
sobel test statistic sebesar 2,019 > 1,96 dan dan nilai one-tailed probability
0,021< 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | efikasi diri, pengenalan lapangan persekolahan, pengambilan keputusan karir, minat menjadi guru |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:42 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 04:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64388 |
