Perangin Angin, Mutya Sari (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA ELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 101944 DELI MUDA TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313220 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
108313220 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
108313220 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313220 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
108313220 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
108313220 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313220 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313220 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313220 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: ” Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn Materi Pokok Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Tranportasi di Kelas IV SD Negeri 101944 Deli Muda TA 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PKn materi pokok pengaruh Globaslisasi Dalam Bidang Tranportasi di Kelas IV Negeri 101944 Deli Muda TA 2011/2012.Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101944 Deli Muda yang berjumlah 24 orang siswa dengan masing-masing jumlah siswa laki-laki sebanyak 10 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan test hasil belajar sedangkan untuk mengetahui aktivitas mengajar guru digunakan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh pada saat dari awal tindakan diperoleh gambaran bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah dimana terdapat sebanyak 3 orang siswa 12,5% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 21 orang siswa (87,5%) belum mendapat nilai tuntas dengan rata-rata 49,58. Pada siklus I sebanyak 10 orang siswa 41,67% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 14 orang siswa (58,33%) belum mendapat nilai tuntas dengan rata-rata 62,51. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi sebanyak 22 orang siswa 91,67% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 2 orang siswa 8,3% belum mendapat nilai tuntas dengan rata-rata 87.08. Dengan demikian maka dapat disimpulkan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi pengaruh globalisasi dalam bidang transportasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Per m |
Keywords: | Hsil Belajar; Pembelajaran Tipe Jigsaw; Pelajaran PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6436 |