PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2023/2024

Pardede, Yesi Letare (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151012_Cover.pdf] Text
4203151012_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 4203151012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 4203151012_Abstrak.pdf] Text
4203151012_Abstrak.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4203151012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151012_Kata_Pengantar.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4203151012_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151012_Daftar_Isi.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4203151012_BAB_I.pdf] Text
4203151012_BAB_I.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4203151012_BAB_II.pdf] Text
4203151012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[thumbnail of 4203151012_BAB_III.pdf] Text
4203151012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[thumbnail of 4203151012_BAB_IV.pdf] Text
4203151012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[thumbnail of 4203151012_BAB_V.pdf] Text
4203151012_BAB_V.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4203151012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4203151012_Lampiran.pdf] Text
4203151012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media augmented reality terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Tata Surya. . Jenis penelitan yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian menggunakan desain pretest-posttest control group. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 27 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas VII yaitu VII-1 sampai VII-10 yang setiap kelas terdiri dari 32 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu salah satu kelas dipilih menjadi kelas control yaitu kelas VII-5 dan satu kelas dipilih menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VII-2. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari10 soal uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample test pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 sehingga sig (2-tailed) < 0,05. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media augmented reality berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem tata surya. Selain itu, hasil rata-rata N-gain kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 77,37 (efektif) sedangkan kelas kontrol sebesar 36,74 (tidak efektif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 523.2 Par p
Keywords: Problem based learning; Augmented reality; Pemecahan masalah; Sistem tata surya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QB Astronomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jul 2025 09:30
Last Modified: 24 Jul 2025 09:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64346

Actions (login required)

View Item
View Item