EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Sembiring, Surya Karinanta (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151015_Cover.pdf] Text
4203151015_Cover.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203151015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4203151015_Abstrak.pdf] Text
4203151015_Abstrak.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 4203151015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151015_Kata_Pengantar.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4203151015_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151015_Daftar_Isi.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 4203151015_BAB_I.pdf] Text
4203151015_BAB_I.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4203151015_BAB_II.pdf] Text
4203151015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[thumbnail of 4203151015_BAB_III.pdf] Text
4203151015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[thumbnail of 4203151015_BAB_IV.pdf] Text
4203151015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[thumbnail of 4203151015_BAB_V.pdf] Text
4203151015_BAB_V.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4203151015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 4203151015_Lampiran.pdf] Text
4203151015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL Berbantuan Video terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas VIII-4 (Kelas Eksperimen) dengan model Pembelajaran PBL Berbantuan Video dan VIII-5 (Kelas Kontrol) dengan model pembelajaran Konvensional. Pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Data rata-rata pretest dan posttest kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen masing masing adalah 34.84 dan 63.87, dan pada kelas kontrol 25.06 dan 42.96. Data dianalisis dengan Independent Sample t-test menggunakan SPSS Versi 21. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa model pembelajaran PBL Berbantuan Video efektif digunakan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Pada kelas eksperimen capaian level pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan model PBL Berbantuan Video tercapai dengan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 45% dengan kategori cukup. Dan pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional, N-gain yang diperoleh sebesar 24% dengan kategori sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran PBL Berbantuan Video efektif digunakan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531 Sem e
Keywords: Problem based learning; Video pembelajaran; Literasi sains; Getaran; Gelombang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:21
Last Modified: 24 Jul 2025 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64311

Actions (login required)

View Item
View Item